MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# Walikota Medan Kena OTT, Ini Kata KPK # Selain Eldin, Kadis PU, Protokoler dan Ajudan Kena OTT # Gubsu Edy Tanggapi Soal Walikota Medan Kena OTT # KPK Minta "And" Asal Medan Segera Serahkan Diri # Walikota Medan Kena OTT, Dengan Linangan Airmata Akhyar Menanggapinya#

PT. Pertamina Berhasil Atasi Semburan Gas Liar Dari Sumur Warga

harian9 author photo

ACEH TAMIANG| H9
Gas liar yang mucul di permukiman warga di Dusun Jawa Kampung Bundar, Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, berhasil diatasi oleh PT. Pertamina EP Field Rantau.

Legal And Relation (L & R) Asisten Manager PT. Pertamina EP Field Rantau  Fandi Prabudi saat dihubungi para Wartawan melalui jaringan WhatsApp pribadinya di nomor 08216408xxxx mengatakan, "benar adanya temuan gas yang mengeluarkan gelembung di lokasi belakang rumah warga milik Haji Jemi dan saat ini sudah dibuang dengan dilakukan pembakaran atau flare oleh petugas HSE Pertamina," terangnya pada Jum'at (4/10/2019).

Gas liar itu berasal dari sebuah sumur tua, yang dulunya menurut info Datok Penghulu Kampung Bundar, bahwa daerah tersebut merupakan kawasan militer dan air  sumurnya untuk pemakaian warga.

"Instalasi flare gas liar di lokasi itu memerlukan pemasangan sebanyak 60 batang pipa besi dengan pembuangan berjarak sekitar 400 meter dari titik semburan awal, hal ini merupakan sistem pengaman menggunakan cara membakar gas tersebut, serta diarahkan keatas dilahan Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, tepatnya  di belakang kantor Dinas Kesehatan, cukup jauh juga aman dari permukiman warga,”jelasnya.

"Kami memastikan, pompa kepala sumur  yang mengeluarkan gas liar tersebut bukan milik  Pertamina, melainkan sumur bor tua yang diduga sudah terpasang sejak puluhan tahun lalu dan mudah-mudahan sebulan ini semburan gasnya sudah berhenti,"ungkapnya.

“Pada mulanya kita akan buang gas itu, tapi warga ada yang minta ganti rugi atas tanah, sehingga tidak jadi dan selanjutnya Wakil Bupati Aceh Tamiang T. Insyafuddin, ST meminta bantu untuk membuang gas tersebut, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, hingga akhirnya Pertamina bersedia membantu," tegas Fandi. (Dani9)
Editor: Mardan H Siregar

(Foto: Amnur Dani)



Komentar Anda

Berita Terkini