MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 Mengucapkan Selamat Berbahagia atas Resepsi Pernikahan WIWID WIDODO dan NANI AFRIDA br GINTING, SH. Semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah"

TMMD Ke - 106 Wilayah Teritorial Kodim 0204/DS, TNI Gandeng Masyarakat Bangun.....

harian9 author photo
SERDANG BEDAGAI| H9
TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke - 106 Wilayah Teritorial Kodim 0204/DS digelar di Desa Pispis Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). TMMD tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) H Darma Wijaya, rabu (2/10/2019).

Acara pembukaan TMMD ke 106 tersebut langsung dihadiri, Danrem 022/PT Kolonel Inf Raden Wahyu Sugiarto S.sos, Dandim 0204/DS Letkol Kav.Syamsul Arifin SE.M.Tr (Han), Dandim 0203/LKT Lekol inf Bachtiar S, Dandim 0209/LB Lekol inf Santoso, Dandim 0207/SML Letkol inf Frans K. Panjaitan, Dandim 0208/AS Lekol Arm S M Beruh, para Perwira Seksi Korem 022/PT, Dandenpom P.Siantar Letkol CPM M. Choirun.

Selain itu hadir juga Dandenhub Letkol CHB M.Yunus, Dandenpal Letkol CPL Suhartono, Kajenrem 022/PT Mayor Caj Ishak Ajendam, Danyonif 126/KC Lekol Inf M.Junaidi, Kajari Sergai Jabal Nur, SH, MH, mewakili Ketua DPRD Sergai Wanretno Simanulang, Wakapolres Sergai, Kepala OPD, Camat se-Sergai, Kades se-Kec.Sipispis, tokoh masyarakat, OKP, Pelajar SD dan SMP Kecamatan Sipispis. 

Dandim 0204/DS Letkol Kav.Syamsul Arifin SE.M.Tr (Han) menjelaskan, dalam TMMD ke 106 ini, pembangunan di fokuskan di Desa Pispis Kecamatan Sipispis Kabupaten Sergai. Adapun pembangunan yang dilaksanakan tersebut yakni pembangunan pembukaan jalan sepanjang 1 KM, pembangunan Jembatan serta rehab 2 unit Rumah Tidak Layak Huni.

Selain pembangunan fisik, lanjut Dandim 0204/DS, dalam TMMD ini juga dilakukan pembangunan non fisik berupa penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, pertanian, pendidikan, hukum dan kamtibmas, narkoba, keagamaan serta penyuluhan radikalisme dan penyuluhan penanggulangan bencana kepada masyarakat.

“Adapun anggaran yang digunakan dalam pembangunan jembatan dan pembukaan jalan ini diperoleh dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sergai. Sedangkan pelaksanaannya melibatkan Pemerintah Daerah, TNI, Polri serta masyarakat setempat”ungkap Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin.

Dandim 0204/DS berharap, pembangunan yang dilaksnakan ini bisa selesai tepat waktu dan bisa secepatnya dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.”Kami juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak terutama masyarakat setempat yang telah membantu pelaksanaan pra TMMD ini,”ucap Dandim 0204/DS.

Sementara itu, Danrem 022/PT Kolonel Inf Raden Wahyu Sugiarto S.sos menjelaskan bahwa TMMD awalnya ada tahun 1980 dengan nama Abri Masuk Desa (AMD), kemudian di tahun 1998 menjadi TMMD. Adapun sasaran yang dilaksanakan terdapat fisik dan non fisik.

“Secara fisik yaitu peninjauan secara bersama seperti peninjauan jalan dan jembatan, pembuatan rumah tidak layak huni dan rumah anti gempa. dalam hal ini kita ingin menjadi Pilot Project dalam hal membangun desa khususnya di Pemkab Sergai,”ujar Danrem 022/PT Kolonel Inf Raden Wahyu Sugiarto. 

Lebih lanjut disampaikan Danrem 022/PT, tujuan dari kegiatan ini yakni supaya perwujudan TNI kemanunggalan bersama rakyat terjalin interaksi dan komunikasi yang baik, dengan sasaran fisik terwujudnya akses jalan terbuka serta jalur untuk hasil alam dapat tersalurkan sehingga akan menimbulkan rasa berbangsa dan bernegara sekaligus semangat bela negara.

“Dalam hal ini, sasaran non fisik itu lebih banyak, karena sasaran non fisik ini nilai muatannya lebih besar daripada sasaran fisik,”ungkap Danrem 022/PT.

Pelaksanan kegiatan TMMD ke 106 inipun mendapat apresiasi dari Wabup H Darma Wijaya. Menurutnya, kegiatan program terpadu TMMD ini merupakan kegiatan manunggalnya TNI dan rakyat. Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena ini berasal dari rakyat dan untuk rakyat dengan manunggalnya TNI dan rakyat akan membuat negara kuat.

Wabup berharap, kegiatan program terpadu TMMD terus ditingkatkan di masa-masa mendatang. Karena program kegiatan TMMD ini lebih dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

“Atas nama Pemerintah Daerah, kami sangat berterima kasih kepada Kodam 1/BB dan Kodim 0204/DS serta semua pihak baik sipil maupun militer yang ikut mensukseskan program TMMD ke - 106 tahun 2019 ini,”ujar Wabup Darma Wijaya.(Budi9)
Komentar Anda

Berita Terkini