LARISPA


MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

Walikota Padangsidimpuan: Pemuda Harus Mampu Berkompetisi

HARIAN9 author photo
PADANGSIDIMPUAN| H9
Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH berpesan kepada pemuda untuk mempersiapkan diri dengan meningkatkan kompetensi dan kemampuan secara individu untuk bisa bersaing menghadapi perkembangan zaman dan petadaban yang semakin cepat dan kompleks. 

Pesan tersebut disampaikan Walikota Padangsidimpuan, usai menghadiri upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 tingkat Kota Padangsidimpuan di lapangan HM Nurdin Kota Padangsidimpuan, Senin (28/10).   

" Sesuai pesan nasional, semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia khususnya pemuda Kota Padangsidimpuan untuk ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia, " ujar Irsan 

Pada upacara Hari Sumpah Pemuda tersebut, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, dihadiri Wakil Walikota Ir. Arwin Siregar, MM, Ketua DPRD Sementara Siwan Siswanto, SH, Forkopimda Kota Padangsidimpuan, Pj. Sekdakota Padangsidimpuan H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes, Ketua KNPI Kota Padangsidimpuan Andi Lumalo, pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Padangsidimpuan, pimpinan OKP, Ormas dan Kemahasiswaan.   

Lebih lanjut Walikota mengatakan, kompetensi dan kemampuan yang dimiliki generasi muda harus dibarengi dengan penguatan ilmu pengetahuan sebagai dasar dan kebutuhan menuju kompetensi, yang muaranya akan menguji kemampuan generasi muda untuk berkompetisi di masa depan.

Menurutnya, generasi muda Kota Padangsidimpuan melalui wadah KNPI, OKP dan Ormas juga diharapkan dapat memberikan kontribusi pembangunan dan mengambil peran masong-masing serta menberikan support bagi pemerintah, sehingga tugas-tugas Pemko Padangsidimpuan ke depan semakin baik dan 'Bersinar'.

" Saya pikir, ilmu pengetahuan itu menjadikan dasar dan kebutuhan menuju kompetensi, yang muaranya akan meraih kemampuan untuk berkompetisi di masa depan, " terang mantan Ketua KNPI Kabupaten Tapsel tiga periode ini.

Ia juga menegaskan, perlunya antisipasi dini terkait penggunaan media sosial di kalangan generasi muda, kerena, perkembangan tekhnologi digital hampir tidak bisa dikendalikan, ssbagai wujud dari semakin berkembangnya ilmu pengetahuan.

" Maka antisipasi itu kembali kepada diri pribadi kita masing-masing, dengan harapan dapat melihat sisi positifnya sehingga hal-hal yang negatif sehingga percepatan perkembangan informasi yang berdampak buruk dapat diantisipasi, " katanya, 

Sebelumnya, pada upacara bendera Hari Sumpah Pemuda ke 91 tahun 2019, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia yang menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada tokoh pemuda Tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

" Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional, " ujarnya

Dikatakannya Hari Sumpah Pemuda ke-91 mengambil tema, 'Bersatu Kita Maju', yang menegaskan kembali komitmen yang teiah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

" Hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.
Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi yang memungkinkan pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif. Apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara, " katanya

Usai upacara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh  Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH dan penyerahkannya kepada Ketua KNPI Kota Padangsidimlyan serta pimpinan OKP dan Ormas se Kota Padangsidimpuan. (Wan9)  
Komentar Anda

Berita Terkini