MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

2 Jenis Pangan Ini Segera Dikembangkan Besar-besaran di Sumut

HARIAN9 author photo
MEDAN| H9
Bawang merah dan cabai merah di Sumatera Utara akan dikembangkan secara besar besaran oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten. Hal ini untuk menangkal Inflasi yang setiap harinya menjadi kendala disebabkan harganya selalu melambung.

Kepala UPT. Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, Marino, SP, MM mengatakan program Pengembangan cabai dan bawang selalu menjadi program andalan dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara yang tujuannya adalah agar produksi tetap aman sehingga harga kedua komoditis tersebut harganya setabil.

"Untuk Tahun 2019 Program pengembangan cabai dan bawang di Provinsi Sumatera Utara luasnya ratusan hektar, ini yang harus dikawal oleh Jajaran Perlindungan Tanaman Pangan. Semoga kiranya pertanaman bawang dan cabai aman dari serangan OP," katanya.

Sebelumnya, kata Marino, pihaknya sudah menggali potensi bawang merah di Tanah Toba Samosir Sumatera Utara.

"Bawang merah ternyata sangat luar biasa dan dapat dikembangkan di Kabupaten Toba Samosir. Tapi sayang Budidaya Bawang merah disini belum optimal.Harapan para petani bawang di Tobasa samosir yang penting harga bagus pasti petani semangat untuk bertanam," ujarnya.

Masalah hama dan penyakit masih dapat diatasi oleh petani yang bekerjasama dengan petugas lapang (Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan-Pengamat Hama dan Penyakit/POPT-PHP). (kl9)

Komentar Anda

Berita Terkini