LARISPA


MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

Agus Dwitarto: "Kelahiran PERBUMDI Berangkat Dari Kebersamaan dan Penguatan Peranan BUMD Untuk Kontribusi Daerah"

harian9 author photo
Ketua Umum Perhimpunan BUMD Indonesia (Perbumdi) Agus Dwitarto (paling kiri) bersama sebagian Direksi BUMD dari berbagai wilayah di Indonesia yang menjadi Peserta Munas I PERBUMDI, sebelum menikmati buah durian Medan di Bolang Durian, Jalan Iskandar Muda Medan (Foto: Isa Anshari)

MEDAN| H9
Ketua Umum Perhimpunan BUMD Indonesia (Perbumdi) Agus Dwitarto menyampaikan Kelahiran Perumdi adalah Berangakat dari kebersamaan para direksi dan Komisaris serta penguatan peranan BUMD untuk kontribusi daerah menuju Indonesia Maju. Maka dengan kebersamaan ini. Perbumdi memiliki visi misi untuk menampung aspirasi dan saling mendukung peranan BUMD untuk dapat berkontribusi bagi pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

“Keberadaan Perbumdi ini kedepan diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh anggota yakni BUMD dalam upaya   menampung aspirasi dan saling mendukung peranan BUMD untuk dapat berkontribusi bagi pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di daerah masing-masing,” katanya kepada HARIAN9, di Bolang Durian Jalan Iskandar Muda Medan, Kamis (21/11/2019) malam. 

Disebutkannya, Kondisi saat ini diharapkan BUMD  baik yang berada di provinsi maupun kabupaten Kota di Indonesia kedepan  menuju kepada kondisi  yang dapat memposisikan diri lebih unggul dalam bentuk jasa dan produksi yang dihasilkan, dengan menerapkan Good Corporate Governance (GCG) atau struktur dan mekanisme yang mengatur pengelolaan perusahaan sehingga menghasilkan nilai ekonomi jangka panjang yang berkesinambungan bagi para pemegang saham maupun pemangku kepentingan. Sehingga memiliki daya saing  dan daya guna bagi kepentingan dan pelayanan masyarakat dengan mengharapkan dukungan penuh pemerintah daerah selaku Pemilik BUMD.   

“Untuk menerapkan sistem GCG tentunya menyiapkan program atau terobosan baru serta strategi usaha baik dalam bentuk jasa maupun produk dari BUMD yang tetap akan didukung Perbumdi. Sehingga bersaing dipasar domestik dan pasar internasional,” ungkapnya didampingi Wakil Sekretaris Jenderal Reyni Maysarah yang juga Dirut PT AIJ Sumut dan Budi Hartoyo yang juga Direktur Operasional PT Dhirga Surya Sumut.  

Namun menurutnya terkait dengan BUMD yang punya masalah baik itu dalam hal permodalan maupun pengelolaan perusahaan, maka disinilah peran Perumdi akan membantu untuk mecari solusi yang terbaik, lewat musyawah atau rapat-rapat Perbumdi. 

Disebutkannya, terkait dengan konsolidasi organisasi dan program kerja kan disusun dalam waktu dekat lewat Rapat Kerja dan Kordinasi Nasional (Rakerkornas) Perumdi, sesuai dengan perintah Anggaran dasar dan Anggaran Rumah Tangga  (AD/ART) Perbumdi).  

Seperti diberitakan sebelumnya, Musyawah Nasional I (Pertama) Perhimpunan Badan Usaha Milik Daerah Indonesia  (MunasPerbumdi) berhasil membentuk Dewan Pimpinan Nasional (DPN)  Perbumdi dan terpilih sebagai Ketua Umum Agus Dwitarto yang juga Direktur Utama (Dirut) Perusda Melati Bhakti Satya (MBS) Provinsi Kalimantan Timur dan Sekretaris Umum Matheis Tarangi yang juga Dirut PT. Halut Mandiri Provinsi Maluku Utara. Kemudian Munas Perbumdi ini juga berhasil menyusun kepengurusan Nasional Perbumdi, Rabu (20/11/2019) di Hotel Grand Aston Medan (01)


Komentar Anda

Berita Terkini