MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

Bawaslu Sumut: Ada 428 Pelanggaran Pemilu 2019 di Sumut

HARIAN9 author photo
PADANGSIDIMPUAN| H9
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Utara (Sumut) Syafrida R Rasahan menyatakan, selama berlangsungnya Pemilu serentak yakni Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden serta Wakil Presiden 2019 di Sumut, ada sebanyak 428 laporan dan temuan, yang diterima Baeaslu dan sebahagian ditindaklanjuti hingga ke persidangan.

" Dari 428 pelanggaran Pemilu tersebut, 24 kasus telah inkrah melalui putusan pengadilan dan 41 kasus merupakan sengketa terkait Pemilu terkait politik uang yang terjadi pada Pemilu 2019 di Sumut, " ujar Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan saat membuka 
rapat kerja teknis (Rakernis) evaluasi penanganan pelanggaran Pemilu tahun 2019 di Aula MAN 2 Model Padangsidimpuan, Kamis (1/11).

Rakernis yang mengangkat tema,'Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu', dihadiri Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, Wakapolres Padangsidimpuan  Kompol M Dalimunthe, SH, Komisioner Bawaslu RI Rahmat Bagja, Komisioner Bawaslu Kota Padangsidimpuan, bersama seluruh Ketua Bawaslu Kabupaten dan Kota se-Sumut.

Lebih lanjut Syafrida R Rasahan mengutarakan, kegiatan Rakernis ini adalah evaluasi dalam pengawasan Pemilu 2019, mengingat tugas Bawaslu yang begitu berat sesuai amanat undang-undang nomor 7 tahun 2017. yang harus melakukan perbaikan-perbaikan demi mewujudkan Pemilu yang luber dan jurdil.

" Bawaslu sebagai pengawas Pemilu, dalam proses Pemilu perlu melakukan perbaikan-perbaikan, sehingga ke depan potensi pelanggaran Pemilu bisa diminimalisir dan penanganannyapun bisa lebih maksimal, " terang Syafrida.

Sementara Komisioner Bawaslu RI Rahmat Bagja mengatakan, baru tahun ini, sengketa baik di tingkat nasional dan provisi ditunggu oleh warga dan masyarakat sekarang sangat menunggu bila ada sidang sengketa di Bawaslu untuk disaksikan.

" Masyarakat meminta keterbukaan dalam penyelesaian sengketa dan kami buka semuanya kecuali mediasi. Silakan tonton. Tidak ada dusta di antara Bawaslu. Proses sesuai fakta. Apa yang terbuka di sidang, itulah yang diproses. Tegakkan keadilan karena keadilan itu dekat dengan taqwa, " katanya.

Ia menambahkan, selain membuka semua proses penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa, Bawaslu, juga berusaha menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi saat Pemilu. 

" Sebagai contoh, KPU menciptakan sistem informasi pencalonan (Silon), sistem informasi penghitungan suara (Situng), dan sistem informasi lainnya. Tetapi, Bawaslu yang menyelesaikan masalah yang terjadi akibat Silon, Situng, Sipol dan sistem KPU lainnya, tandasnya.

Oleh karena itu, diharapkan, pengawas Pemilu memperkuat kinerja pengawasan dan penegakan hukum Pilkada Serentak 2020 dan diminta, ubtuk kerja pengawasan harus diikuti dengan penjelasan juga dalil hukum yang kuat, sehingga Bawaslu menjawab setiap 'bully' dengan kerja nyata dan bisa dipertanggungjawabkan.

Walikota Irsan Efendi Nasution,SH dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Ketua Bawaslu RI yang diwakili Bapak Rahmat Bagja, Ketua Bawaslu Sumut dan para Ketua Bawaslu di 33 Kabupaten / Kota.

" Atas nama Pemko Padangsidimpuan, kami mendukung penuh kegiatan Rakernis ini, semoga dapat berjalan lancar dan sukses menangani permasalahan pelanggaran untuk peningkatan integritas kerja panitia pengawas Pemilu, " terang Irsan. (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini