MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

Hog Cholera Telah Mewabah ke 11 Kabupaten/Kota di Sumut

HARIAN9 author photo
MEDAN| H9
Hog Cholera telah mewabah ke 11 kabupaten kota di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Hingga saat ini jumlah total babi yang mati mencapai 4.682 ekor. 

Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumut Azhar Harahap mengungkapkan, penyebaran virus tersebut sangat cepat. "Penularan itu bisa berkembang melalui udara, sangat gampang. Saat ini, perkembangan virus tersebut sudah sampai ke 11 kabupaten kota," kata Azhar Harahap, Rabu (6/11/2019).

Selain itu, pihaknya menduga perpindahan hewan ternak antar kandang menjadi faktor utama pemindahan virus tersebut. Namun, virus tersebut tidak berbahaya ke ternak lainnya. Begitu juga terhadap manusia.

"Penularan ke manusia belom ada. Ternaknya masih bisa dikonsumsi manusia. Hanya babi saja, ternak lain tidak," ujarnya.

Terkait dengan mewabahnya virus hog cholera ini,  pihaknya pun sudah melaporkan ke pemerintah pusat melalui Kementerian Peternakan. Mereka juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten kota di Sumut untuk pencegahan menyebarnya virus tersebut. 

Diketahui, ratusan bangkai babi ditemukan mengambang di Danau Siombak dan Sungai Bedera. Diduga hewan tersebut mati karena terjangkit hog cholera. Hal itupun membuat heboh masyarkat. Selain Medan, peristiwa serupa juga terjadi di Kabupaten Dairi, Humbang Hasundutan dan Deliserdang.(kl9)
Komentar Anda

Berita Terkini