MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

Intip Cara Menata Taman dengan Ukuran Rumah yang Kecil

HARIAN9 author photo
MEDAN| H9
Ukuran rumah yang kian mengecil memberikan dampak juga bagi taman. Ada yang tamannya berukuran kecil, bahkan tidak ada area untuk tanaman sama sekali. Meski demikian, kamu tidak boleh bersedih hati karena ada beberapa inspirasi untuk taman depan rumah dengan ukuran yang kecil. 

Yuk, langsung simak inspirasinya berikut ini!
1. Teras juga bisa disulap jadi taman depan rumah
Taman tidak selalu harus berada di area yang terbuka, bagian teras rumah yang beratap pun bisa disulap menjadi sebuah taman depan rumah. Caranya bukan dengan membongkar lantai teras supaya bisa ditanami bunga-bunga, melainkan dengan meletakkan pot-pot bunga di lantai teras.

2. Living wall  untuk menghias taman depan rumah
Living wall atau taman vertikal ini merupakan sebuah solusi bagi kamu yang ingin memiliki taman di area terbatas. Manfaatkan dinding kosong sebagai taman depan rumah seperti ini. Pertama-tama kamu harus menyediakan kayu atau besi penyangga. Kemudian, sediakan pot-pot kecil berisi tanaman hijau.
Setelah pot-pot tersebut siap, gantungkanlah pada kayu atau besi penyangga yang sudah disediakan sebelumnya. Saat tanaman tersebut tumbuh, maka rongga-rongga penyangganya akan tertutupi dan terciptalah taman pada dinding. Agar living wall ini terlihat lebat dan asri, pilihlah tanaman hijau yang daunnya tumbuh memanjang.

3. Pot gantung sebagai taman depan rumah
Tidak punya lahan untuk meletakkan pot tanaman kesayanganmu? Gantungkan saja pot-pot tersebut di area depan rumah, sehingga terciptalah taman depan rumah yang sederhana. Pilihlah pot berukuran kecil dan rantai besi sebagai penggantungnya supaya pot-pot tersebut tidak mudah jatuh dan melukai penghuni rumah.
Jika kamu memiliki anak kecil yang aktif bermain di luar ruangan, pastikan pot-pot ini digantung jauh dari jangkauan mereka. Tanaman yang cocok untuk menghiasi pot gantung ini adalah aneka bunga dan tanaman herbal.



4. Hiasi taman depan rumah dengan bird bath
Bird bath sebagai penghias taman depan rumah tampaknya masih asing bagi masyarakat Indonesia. Bird bath ini adalah sebuah tempat di mana burung-burung liar bisa mandi. Ukurannya tidak besar dan kamu bisa menghiasi pinggiran bird bath dengan tanaman mungil seperti kaktus mini.
Taman depan rumah akan terlihat indah. Ditambah lagi dengan kehadiran burung yang menumpang mandi sambil berkicau, pasti akan bertambah asri deh taman ini.

5. Taman depan rumah sebagai tempat bersantai
Setelah seharian melakukan aktivitas yang melelahkan pikiran dan tubuh, kamu membutuhkan tempat pelarian. Selain bersantai di kamar tidur, kamu juga bisa menenangkan pikiran di tengah taman depan rumah ini.
Penuhi taman depan rumah dengan berbagai tanaman hias kesukaanmu, lalu letakkan beberapa kursi untuk beristirahat. Saat berada di sini, dijamin kamu seperti sedang berada jauh dari perkotaan.

6. Dinding air terjun dengan tanaman hijau di taman depan rumah
Jika kamu memiliki dinding yang cukup luas di taman depan rumah, buatlah air terjun bertingkat seperti ini. Tanamlah beberapa jenis tanaman hijau di sekitarnya sehingga taman depan rumah terasa seperti memiliki air terjun di alam bebas.

7. Taman depan rumah yang rapi dengan jalan setapak
Sebuah taman tidak selalu harus dipenuhi dengan bunga warna-warni. Hamparan rumput seperti ini juga sudah menciptakan suasana yang asri. Agar semakin rapi dan tidak ada rumput yang terinjak, buatlah jalan setapak pada desain taman milikmu. Jika ingin tampilan yang lebih menarik, kamu bisa menggunakan batu alam warna-warni atau batu dengan motif tertentu.

8. Ciptakan taman depan rumah di area pintu masuk
Jangan khawatir jika kamu tidak memiliki lahan lebih untuk taman depan rumah, karena area pintu masuk juga bisa dijadikan sebagai taman. Caranya sederhana, kamu hanya perlu meletakkan sejumlah tanaman dalam pot kecil yang bentuknya beragam.
Susun dengan rapi di sekitar area pintu masuk agar tidak menghalangi jalan masuk para penghuni rumah. Jangan lupa untuk memangkas tanaman yang sudah lebat agar tidak mengganggu pemandangan.

9. Taman depan rumah ala Jepang
Taman ala Jepang identik dengan rerumputan, pohon, semak-semak, dan bebatuan. Gaya taman ini bisa diterapkan pada taman depan rumah karena elemen-elemennya sangat sederhana. Suasana yang tercipta dari taman ala Jepang ini sangat asri dan damai.

10. Air terjun di taman depan rumah
Taman depan rumah harus disesuaikan dengan menggunakan dekorasi taman yang digunakan. Saat ini sudah tersedia air terjun buatan dalam berbagai ukuran dan tingkatan. Pilihlah yang ukurannya sesuai dengan ukuran taman.
Sebaiknya, air terjun ini diletakkan di sudut taman. Agar tidak terlihat terlalu ramai dan menutupi pesona air terjun, tanamlah bunga-bunga yang kelopaknya berukuran kecil dalam berbagai warna. Jika memungkinkan, letakkan lampu taman di dekat kolamnya agar air terjun ini tetap menawan di malam hari.(dikutip dari Hipwee)
Komentar Anda

Berita Terkini