PPK


LARISPA


Kebijakan Fiskal Berpengaruh Antar Generasi

harian9 author photo

DEPOK| H9
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberi kuliah umum mengenai "Kebijakan Fiskal Indonesia" kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI).

"Fiskal policy itu adalah suatu tools yang pengaruhnya tidak hanya pada generasi hari ini tapi antargenerasi," terangnya kepada para mahasiswa dari berbagai jurusan ekonomi di Aula FEB UI, Depok, Rabu (27/11).

Kuliah umum dibuka dengan penjelasan mengenai teori kebijakan fiskal, bagaimana sebuah kebijakan fiskal dapat memberikan dampak kepada (penawaran) supply dan (permintaan) demand. Ia pun menerangkan bagaimana sebuah kebijakan fiskal yang dibuat saat ini dapat mempengaruhi kebijakan di masa yang akan datang. 

"Kalau kita lihat generasi ke generasi tantangannya berbeda-beda. Zaman Presiden Soekarno berbeda dengan Presiden Soeharto, begitu seterusnya. Setiap masa ke masa ada tekanan yang berbeda-beda. Namun demikian, walaupun dengan adanya begitu banyak perubahan, tujuan negara kita tidak berubah yaitu mencapai masyarakat yang adil dan makmur," tukas Menkeu.
  
Terakhir, Indonesia sebagai negara dengan demografi muda terbesar, jelasnya, memiliki tantangan yang beda dari negara dengan aging population. Oleh karena itu, Pemerintah akan menggunakan kebijakan-kebijakan ekonomi untuk menangani masalah hari ini dan juga sebagai  investasi masa depan yaitu fiscal policy intergenerational. (kemenkeu/03)

(Foto: kemenkeu)



Komentar Anda

Berita Terkini