MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

Komisioner Bawaslu RI Terkesan Dengan Perpustakaan Prof. Lafran Pane

HARIAN9 author photo

TAPSEL| H9
Komisioner Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) Rahmad Bagja beserta rombongan mengunjungi perpustakaan Prof. Lafran Pane yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapanuli Selatan (Tapsel) Drs. Parulian Nasution, MM di Desa Pangurabaan, Sipirok, Kabupaten Tapsel, Jum'at (1/11).

Dalam kunjungannya, Rahmad Bagja merasa terkesan dengan perpustakaan umum Prof. Lafran Pane karena perpustakaan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi dirinya, karena tidak hanya gedung dan koleksi bukunya, akan tetapi sosok pendiri HMI Prof. Lafran Pane merupakan pahlawan nasional yang patut diteladani.

Menurutnya, untuk masyarakat luas bahwasanya Prof. Lafran Pane bukan hanya milik Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) saja. Akan tetapi Lafran Pane adalah milik masyarakat Sumatera Utara khususnya Tapsel. Oleh karenanya ia berharap semoga perpustakaan ini menjadi pusat literasi se Tapanuli bahkan se Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel)

" Inilah saatnya kita kembali ke literasi baik itu literasi buku, literasi media dan literasi digital, sehingga dengan menggunakan perpustakaan umum Prof. Lafran Pane masyarakat Tapsel dapat membuka cakrawala dan jendela dunia, " ujarnya.

Sementara Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM menyampaikan, bahwasanya perpustakaan umum Prof. Lafran Pane sudah mulai menerapkan sebuah aplikasi yang diberi nama Integrated Library Information System Lite (Inlis Lite) secara otomasi dan aplikasi ini bisa secara otomatis membuat grafik pengunjung yang hadir ke perpustakaan baik untuk harian, mingguan, maupun bulanan.

Melalui sistim ini katanya, pihak pengelola perpustakaan melakukan pendataan tentang berapa jumlah peminjam buku, jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan, jumlah buku yang telah dikembalikan, pendataan dan pengolahan buku yang baru masuk, keanggotaan masyarakat yang sudah mendaftar di perpustakaan, serta ketersediaan Online Public Access Catalogue (OPAC).

" Perpustakaan Prof Lafran Pane ini sudah banyak dikunjungi oleh tokoh-tokoh nasional termasuk seorang peneliti sejarah dari Universitas Leiden Belanda, Asisten Deputi Kemaritiman begitu juga dengan para artis pemeran film 'Demi Waktu' yang mengisahkan biografi Prof. Lafran Pane dengan produser film ternama Rizal Mantovani yang juga peran terbaik Mathias Muchus dan ibu Ratna serta yang tidak kalah pentingnya peran aktor Dimas Anggara, " tuturnya.

Usai kunjungan, Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM, menyerahkan kartu perpustakaan umum Prof. Lafran Pane kepada Komisioner Bawaslu RI Rahmad Bagja, yang kemudian dilanjutkan dengan foto bersama. (Wan9)

Komentar Anda

Berita Terkini