MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

NPHD Ditandatangani, Pemkab, KPUD dan Bawaslu Sepakat Biaya Pilkada Sergai Sebesar Rp.36,5 Milyar

harian9 author photo

SERDANG BEDAGAI| H9
Setelah melalui proses yang panjang, Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sergai tahun 2020 akhirnya ditandatangai oleh Bupati Sergai Ir H Soekirman, Ketua KPUD Erdian Wirajaya dan Ketua Bawaslu Agusli Matondang.

Penantanganan NPHD tersebut dilakukan disela sela pelantikan Sekadakab Sergai HM Faisal Hasrimy di Aula Sultan Serdang komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jum'at (1/11/2019). Dalam NPHD tersebut, KPUD, Pemkab dan Bawaslu sepakat untuk biaya Pilkada Sergai tahun 2020 sebesar Rp.36,5 Milyar.

Penandatanganan NPHD tersebut turut disaksikan Kapolres Sergai AKBP Julaiarman Pasaribu, Kajari Sergai Jabal Nur SH MH, Ketua DPRD Rizky Ramadhan Hasibuan, Wabup Darma Wijaya, Ketua Pengadilan Sei Rampah, para Komisioner KPUD dan Bawaslu Sergai.

Ketua KPUD Sergai Erdian Wirajaya kepada wartawan, Minggu (3/11/2019) mengatakan, penandatanganan NPHD ini merupakan tindaklanjut dari mediasi (pertemuan) antara KPUD dan Pemkab Sergai di Kemendagri pada Senin (28/10) hingga Selasa (29/10) lalu. Dalam pertemuan itu, semua pihak sepakat anggaran Pilkada Sergai sebesar Rp.36,5 Milyar.

“Dalam pertemuan itu, kita sepakat anggaran tersebut (Pilkada) sebesar Rp.36,5 Milyar, walaupun sebelumnya pihak KPUD sudah mengajukan anggaran itu sebesar Rp.54 Milyar,” ungkap Erdian Wirajaya.

Dikatakan Erdian, meski anggaran itu jauh dari estimasi harga yang diajukan beberapa waktu lalu, namun dalam hal ini, KPUD akan bersikap profesiaonal dalam menjalankan setiap tahapan Pilkada. Dengan anggaran Rp.36,5 miliar, KPUD akan meminimalisir atau merasionalkan anggaran yang sebelumnya diajukan, seperti honorarium pelaksanan Pilkada.

"Artinya, untuk honor dari PPK hingga KPPS tidak bisa maksimal seperti surat edaran dari Menteri Keuangan baru-baru ini. Kita akan mengurangi honornya sesuai anggaran," imbuhnya.

Begitu juga dengan TPS, lanjutnya, pihaknya mengaku sudah merencanakan akan membuat sebanyak 1.150 buah yang tersebar di seluruh Kabupaten Sergai. Angka itu, kata dia, cenderung menurun signifikan dibanding Pilkada 2015 yang sebanyak 1.300 lebih TPS dan Pilgubsu 1.400 TPS lebih.

Meski demikian, Erdian optimis bahwa pihaknya pasti sukses menyelenggarakan Pilkada nanti. Sejak September, pihaknya mengaku sudah melakukan tahapan berupa, launching Pilkada, pengumuman penetapan pasangan calon perseorangan, dan penyusunan berbagai regulasi pendukung lainnya.

"Jadi saat ini kita tengah memersiapkan langkah-langkah untuk merasionalkan atau meminimalisir anggaran. Kita juga minta dukungan dari masyarakat se-Sergai untuk mendukung tahapan pelaksanaan Pilkada hingga sukses nantinya," pungkas Ketua KPUD Sergai. (Budi9)

Bupati Soekirman, Ketua KPUD Erdian Wirajaya, Ketua Bawaslu Agusli Matondang menandatangani NPHD Pilkada Sergai tahun 2020 bertempat di Aula Sultan Serdang komplek kantor Bupati di Sei Rampah. (Foto: Budi Wijaya)


Komentar Anda

Berita Terkini