Pegasus Polsek Medan Barat Ciduk 3 Residivis Pencurian, 1 Ditembak

HARIAN9 author photo

MEDAN| H9
Team Pegasus Polsek Medan Barat, berhasil menciduk  3 orang Residivis pelaku pencurian, dan satu pelaku terpaksa ditembak karena berusaha kabur saat akan dilakukan  pengembangan, Senin (25/11/2019).

Pelaku yang ditembak adalah,  MSL alias B (37) warga Jalan Sei Deli Kelurahan Silalas Kecataman Medan Barat yang  merupakan salah seorang tersangka yang menjadi daftar  pencarian orang (DPO) di jajaran Polsek Medan Barat.

Informasi yang didapat mwnyebutkan, bahwa tersangka MSL (37) pernah dan merupakan pelaku aksi tindak pidana pencurian di sebuah gudang penyimpanan barang milik Sujendi Tarsono (51) warga Jalan Gatot Subroto Kelurahan Silalas Kecamatan Medan Barat, sekitar 4 tahun silam.

Kapolsek Medan Barat Kompol Choky Meliala, SH, SIK, MH, Rabu (27/11/2019) mengatakan, bahwa pelaku beraksi bersama dua orang rekannya yang lain ,berinisial KL alias Oncik dan SN, dan pernah melakukan aksi pencurian di gudang korban sekitar tahun 2015 yang silam.

Dalam melakukan  aksinya tersebut  mereka apes dan  diketahui oleh korbannya yang terbangun,  Saat itu korban melihat langsung ketiga pelaku merusak pintu gudang dan membawa barang - barang berharga dari gudang tersebut bahkan mengenali wajah mereka, ucap Kapolsek.

“Awal kejadiannya  pada, kamis (18/6/2015) mendekati subuh,  dan usai kejadian itu korban esok harinya   membuat laporan Polsek Medan Barat. Berangkat dari  laporan tersebut, dan ditambah kesaksian korban mengatakan bahwa  aksi tersebut dilakukan oleh tiga orang pelaku yang dikenalinya, diantaranya KL alias Oncik, MLS alias Bobi dan SN, dan segera berbekal laporan dan pendalaman kasus tersebut petugas sudah mengantongi nama - nama tersangka." sebutnya.

Lebih lanjut Kompol Choky mengatakan, pelaku yang berhasil membawa barang - barang hasil kejahatan tersebut segera melarikan diri, dan korbannya ditaksir mengalami kerugian  sekitar Rp35 juta.

Adapun barang - barang hasil kejahatan yang berhasil dibawa pelaku   tersebut berupa, 11 kotak Dinner Set merek Thomson, 12 buah kotak berisikan kursi merek Informa, 24 buah kursi sofa, 30 set kaki meja merk Informa dan 5 buah lukisan dinding.

Berbekal hasil penyidikan di TKP,  dan pengembangan serta keterangan saksi  pada, Senin (25/11/2019) sekitar pukul 07.00 WIB, dimana tim Pegasus Polsek Medan Barat  mendapatkan laporan dari masyarakat atas keberadaan tersangka MSL yang  berada di daerah Jalan Sei Deli Gang Sauh Kelurahan Silalas Kecamatan Medan Barat langsung membekuk tersangka.

Dan saat melakukan pengembangan di lapangan, tersangka mencoba melakukan perlawanan sehingga  petugas menembak kedua kaki tersangka, MSL. 

“Menurut Kapolsek didampingi Kanit Reskrim Iptu Herison Manullang, SH, bahwa tersangka  berinisial MSL ini sudah lama menjadi  DPO dan sudah  4 tahun. Dan keberhasilan penangkapan tersebut, berkat informasi dari masyarakat.

Selanjutnya , pelaku yang telah  dilumpuhkan dengan timah panas oleh petugas karena mencoba  melawan dan melarikan diri ini  kemudian dibawa ke RS Bhayangkara Medan.

Setelah pelaku MSL tertangkap, didapat informasi bahwa rekannya berinisial KL alias Oncik, sebelumnya sudah terlebih ditangkap dan sudah jatuh vonis di Pengadilan Negeri Medan. Sedangkan, satu lagi tersangka berinisial SN masih dalam pengejaran petugas (DPO),” sebutnya.

Informasi menyebutkan, bahwa  tersangka MSL merupakan residivis terkait pelaku pencurian dan juga sudah pernah ditembak Polisi. Dia ini sudah 3 kali keluar masuk penjara pada tahun 1997, 2012 dan 2017 yang lalu.

Dia ini (MSL) seorang residivis pelaku pencurian pada tahun 2017 lalu. Dia mengakui bahwa uang hasil kejahatannya sudah habis saat pelariannya,” sebutnya.

Atas perbuatannya, tersangka kita  jerat dengan Pasal 363 KUHPidana, dengan ancaman hukuman diatas 6 tahun penjara,” jelas mantan Kapolsek Pancur Batu. (HJ9)

Komentar Anda

Berita Terkini