MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

Sambut HUT ke 69 dan HKN ke 55, Pemkab Tapsel Gelar Operasi Bibir Sumbing dan Celah Langit-Langit Mulut

HARIAN9 author photo

TAPSEL| H9
Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) ke-69 dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapsel menggelar bhakti social operasi bibir sumbing dan celah langit-langit secara gratis kepada masyarakat di Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tapsel di Sipirok, Senin (4/11).

Bakti Sosial diresmikan Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapsel Drs. Parulian nasution, MM, dihadiri Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto diwakili Kabid Humas Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Kepala Bidang (Kabid) Dokter Kesehatan (Dokkes) Poldasu Kombes Pol dr. Sahat Harianja, Kapolres Tapsel AKBP. Irwa Zaini Adib, SIK, MH, Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, mewakili Kajari Tapsel, Kadis PP dan PA Tiorisma Damayanti, Ketua DPD KNPI Provsu Syamsir Pohan, Direktur UPT. RSUD Kab. Tapsel drg. Firdaus Batubara, Forkopimcam Sipirok, Camat Sipirok Sardin Hasibuan dan pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Tapsel.

Bupati Tapsel, diwakili Sekdakab Drs. Parulian Nasution, MM dalam sambutannya  menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Dinas Kesehatan Tapsel dan Direktur UPT. RSUD Tapsel yang selalu senantiasa berbuat baik kepada masyarakat Tapsel, dengan menggelar operasi bibir sumbing dan celah langit-langit Mulut.

“ Saya melihat ini merupakan suatu langkah yang maju, karena dalam menyambut HUT Tapsel perlu ada yang lebih menonjol untuk pengabdian kepada masyarakat seperti operasi bibir sumbing ini dan yang lebih penting lagi bagaimana untuk mencegah jangan sampai terjadi kesumbingan kepada masyarakat kita, “ ujar Parulian.

Ia menyebutkan, bibir sumbing selain akibat kecelakaan juga dominan penyakit bawaan lahir. Akan tetapi yang lebih kita takutkan jangan sampai penyakit ini diakibatkan oleh prilaku ibu yang kurang sehat ketika hamil seperti merokok ketika hamil begitu juga suka minum-minuman yang beralkohol ketika hamil sehingga pada waktu anak melahirkan akan menyebabkan terjadinya sumbing.

“ Oleh karena itu marilah kita wujudkan prilaku hidup sehat dan budaya sehat untuk menuju keluarga sehat. Sedangkan untuk para petugas kesehatan haruslah ramah, sopan, dan santun dalam melayani pasien sehingga dengan pelayanan yang baik dapat mewujudkan masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera, tentunya itu semua harus memiliki SDM yang unggul dan SDA yang produktif dan lestari, “ harap Parulian.

Sedangkan Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto diwakili Kabid Humas Poldasu Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja dalam sambutannya mengatakan, bahwasanya Kapoldasu sangat antusias dengan kegiatan bakti sosial ini dan apalagi kegiatan ini adalah dalam rangka menyambut HUT Tapsel yang ke-69, semoga Tapsel semakin sukses, semakin sejahtera dan semakin sehat masyarakatnya, sehingga kelak dapat melahirkan bibit-bibit unggul sebagai generasi penerus bangsa ke depan.

Diinformasikannya, bahwasanya Poldasu ditahun pertama dan kedua belakangan ini telah melakukan kegiatan bakti kesehatan dan sudah memberikan pelayanan dan fasilitas kesehatan secara gratis sebanyak kurang lebih 88 ribu orang dan diantara kegiatan itu antara lain melakukan operasi bibir sumbing yang lebih kurang 40 sampai 60 orang. Sedangkan untuk operasi katarak kurang lebih 4000 sampai 5000 orang dan banyak lagi kegiatan-kegiatan bakti kesehatan lainnya.

“ Pada hari ini juga kami melaksanakan operasi tumor di Tanah Karo, sehingga hampir seluruh wilayah Provinsi Sumatera Utara akan diberikan akses pelayanan kesehatan secara gratis. Sebagaimana tema HKN ke-55, ‘Generasi Sehat, Indonesia Unggul’, apabila sehat pasti akan unggul, semoga melalui kegiatan ini dapat menjadi contoh kepada rumah sakit yang lain untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial secara gratis, “ ujarnya.

Sebelumnya Kadis Kesehatan Tapsel Dr. Sri Khairunnisa,MH menjelaskan, tujuan kegiatan sosial ini ialah untuk meringankan beban masyarakat yang menderita bibir sumbing agar dapat merasakan pelayanan kesehatan dalam bentuk operasi agar dapat hidup normal dan sehat sebagaimana manusia pada umumnya.

“ Kegiatan bakti sosial ini adalah dalam rangka menyambut HUT Tapsel yang ke-69 dan HKN ke-55 dan tema kegiatan bakti social, ‘Pancarkan Senyum Anak Tapanuli Selatan, Generasi Sehat Indonesia Unggul’, melibatkan 15 orang para dokter spesialis bedah mulut.  Untuk itu mari kita wujudkan kepedulian kita kepada penderita bibir sumbing, “ kata dr. Sri.

Ia menambahkan, kegiatan operasi bibir sumbing ini bekerjasama dengan DPD KNPI Provinsi Sumatera Utara yang dilakukan selama 3 hari (4 sampai 6 Nopember 2019) di UPT. RSUD Kab. Tapsel dan diikuti 35 orang dari 15 Kecamatan se Tapsel. Selain itu juga penyerahan tali asih kepada 50 orang anak yatim dan 20 orang lanjut usia (lansia). (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini