LARISPA


MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

Serikat Buruh di Sergai Berikan Mosi Tidak Percaya Kepada Bupati Soekirman

harian9 author photo

SERDANG BEDAGAI| H9
Ratusan buruh di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar aksi damai di Jalinsum Medan-Tebiung Tinggi tepatnya di depan Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (18/11/2019). Dalam aksinya, ratusan buruh yang tergabung dalam 7 (tujuh) serikat inipun menyampaikan mosi tidak percaya kepada Bupati Sergai Ir H Soekirman.

Para buruh menganggap, Bupati Sergai telah mengabaikan nilai nilai kesejahteraan kaum buruh yang ada di Kabupaten Sergai. Karena, hingga saat ini, Bupati tidak hadir untuk menemui kaum buruh, padahal menurut para buruh aksi ini telah diberitahukan sebelumnya.

“Kami dari pekerja buruh, dengan ini sepakat menyatakan mosi tidak percaya terhadap Bupati Sergai yang terbukti mengabaikan nilai nilai kesejahteraan kaum buruh yang ada di di Kabupaten Sergai ini,” ungkap Agan Surya Tanjung salah satu kordinatror aksi.

Padahal sebelumnya, lanjut Agan Tanjung, aksi ini juga telah diberitahukan sebelumnya melalui konferensi pers, bahwa kaum buruh akan melakukan aksi di Kantor Bupati Sergai guna menuntut hak hak kaum buruh yang hingga saat ini belum terselesaikan. Bahkan surat pemberitahuan untuk aksi ini juga sudah masuk.

“Mosi tidak percaya ini merupakan buntut kekecewaan kaum buruh. Kedepan, kita dari aliasi serikat pekerja buruh bersatu Serdang Bedagai akan melakukan konsolidasi untuk terus memperjuangkan hak hak buruh di Kabupaten Sergai,” ujarnya.

Dalam aksinya tersebut, Aliansi Serikat Pekerja Buruh Bersatu Serdang Bedagai menyampaikan 8 tuntutan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai. Ke 8 tuntutan tersebut yakni Tetapkan UMSK Kabupaten Sergai tahun 2020 sebesar 20 persen, kemudian tindak tegas pengusaha yang menerapkan upah dibawah ketentuan, lalu bangun segera balai latihan kerja (BLK) bagi buruh dan pekerja di Sergai.

Selanjutnya, Penjarakan pelaku union busting, Hapuskan sistem buruh kontrak, serahkan kepada buruh dan pekerja untuk melaksanakan May Day yang dipasilitasi Pemkab Sergai, Lakukan pembinaan terhadap dunia usaha serta pada serikat pekerja/buruh di Sergai dan yang terakhir Perhatikan dan tambah anggaran dibidang Ketenagakerjaan di Kabupaten Sergai.

Usai bergantian melakukan orasi di Jalinsum Sergai, ratusan buruh yang dikawal ketat pihak kepolisian inipun membubarkan diri dan kembali melakukan aksi di kantor DPRD Sergai. Dalam aksinya di kantor DPRD Sergai, para buruh diterima oleh Ketua DPRD Sergai dr Rizky Ramadhan beserta anggota DPRD lainnya. (Budi9)

Ratusan buruh yang tergabung kedalam Aliansi Serikat Pekerja Buruh Serdang Bedagai melakukan aksi damai di Jalinsum Medan Tebing Tinggi teaptnya di depan Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah. (Foto: Budi Wijaya)




Komentar Anda

Berita Terkini