LARISPA


MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

Kebakaran Melanda Pasar Gunungtua, 12 Unit Kios Dan 4 Unit Rumah Warga Ludes Terbakar

HARIAN9 author photo

PALUTA| H9
Kebakaran hebat di 2 titik sekaligus melanda wilayah kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) tepatnya di wilayah lingkungan III yang merupakan pusat pasar Gunungtua dan pemukiman masyarakat lingkungan V, pasar Gunungtua, kecamatan Padang Bolak, Sabtu (30/11) sekitar pukul 22.15 Wib.

Akibatnya, 1 unit ruko dan 12 unit kios ludes dilalap sijago merah pada titik kebakaran yang terjadi di lingkungan III, pasar Gunungtua. Sedangkan untuk titik kebakaran yang terjadi di lingkungan V, pasar Gunungtua menghanguskan 4 unit rumah permanen milik warga sekitar dan tidak ada korban jiwa.

Dari informasi yang dihimpun dari keterangan beberapa warga sekitar yang menyaksikan kebakaran, kebakaran pertama terjadi di lingkungan III, pusat pasar Gunungtua sekitar pukul 22.15 Wib. Dan tiba-tiba kebakaran juga terjadi di lingkungan V, pasar 
Gunungtua di daerah pemukiman warga sekitar pukul 23.30 Wib.
Menurut keterangan dari Kepala Satpol PP Paluta Yusuf MD Hasibuan melalui selulernya, pihaknya mengetahui terjadinya kebakaran sekitar pukul 22.20 Wib dipusat kios pasar Gunungtua tepatnya di lingkungan III, pasar Gunungtua dari laporan masyarakat. Pihaknya langsung menurunkan 4 unit mibil pemadam kebakaran untuk membantu memadamkan api.

Kondisi medan yang cukup sulit akibat jalur yang ramai dan bangunan yang terbuat dari kayu yang sudah cukup tua membuat api menyebar dengan cepat dan sulit dipadamkan.

“Informasi kita terima sekitar pukul 22.20 Wib dan Kita menurunkan 4 unit mobil Damkar milik Pemkab Paluta,” ujarnya.

Namun saat masih sibuk melakukan pemadaman api di pusat pasar Gunungtua, tiba-tiba terjadi kebakaran di daerah pemukiman masyarakat tepatnya di seberang perumah Polsek Gunungtua yakni di lingkungan 5, kelurahan Gunungtua sekitar pukul 23.30 Wib.
Akibatnya terjadi kepanikan dan terpaksa pihaknya meminta bantuan mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Labusel yang menurunkan mobil damkar sebanyak 3 unit.

“Saat kita fokus melakukan pemadaman di titik api pertama, tiba-tiba ada titik api ditempat lain yakni pemukiman warga di lingkungan V tepatnya di seberang rumah dinas Polsek Padang Bolak. Karena itu kita meminta bantuan ke Pemkab Labusel dan mereka menurunkan 3 unit mobil damkar untuk membantu,” jelas Yusuf.

Api baru dapat dikendalikan sekitar puku 01.30 Wib dan akibat kejadian tersebut menghanguskan 12 unit kios dan 1 unit ruko di titik api pertama yakni di lingkungan III Pasar Gunungtua dan 4 unit rumah warga di titik api yang kedua yakni di lingkungan V, kelurahan Gunungtua.

Senada, Kapolsek Padang Bolak AKP Zulfikar melalui Kanit Intelkam Edi Siregar dalam laporannya menyebutkan bahwa untuk saat ini kebakaran diduga diakibatkan oleh hubungan arus pendek (korsleting) yang menimbulkan percikan api.

Tidak ada korban jiwa dan saat ini pihaknya masih terus melakukan olah TKP serta membantu masyarakat untuk membersihkan puing-puing kebakaran dan sisa api sambil berjaga agar tudak membesar.

Informasi yang dihimpun, adapun pemilik 12 unit ruko dan kios yang terbakar tersebut antara lain H Rustaman Harahap (53), Bincar Harahap (50), kios milik Pendi Harahap (51) dan kios milik Purba (41).

Sedangkan untuk titik api kedua yang menghanguskan 4 unit rumah warga adalah milik Surbakti (60), Edi Pohan (65), H Riskon Hasibuan (59) dan Kamal Harahap (57) yang merupakan warga lingkungan V, kelurahan Gunungtua, kecamatan Padang Bolak.(Akhir9)
Komentar Anda

Berita Terkini