LARISPA


MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

Pemkab Paluta Sosialisasikan Pedoman Penamaan Jalan Dan Sarana Umum

HARIAN9 author photo

PALUTA| H9
Pemerintah kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui bagian pemerintahan umum dan otonomi daerah (Pemum dan Otda) mengadakan sosialisasi pedoman penamaan jalan dan sarana umum di aula kantor Bupati Paluta, Senin (2/12).

Sosialisasi yang dibuka secara resmi oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi diwakili Asisten III pada Setdakab Paluta Drs Anwar Benni MM diikuti oleh Staff dan pegawai OPD terkait, staff dan pegawai kantor camat, kades dan perangkat desa serta tokoh masyarakat dan bertindak sebagai narasumber yakni Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH dan Kabag Hukum pada Setdakab Paluta Ali Wardana.

Dalam arahan Bupati Paluta yang disampaikan oleh asisten III Drs Anwar Benni MM menyebutkan bahwa penamaan jalan ini sangat penting mengingat jalan adalah salah satu prasarana transportasi yang merupakan unsur penting dalam pengembangan kehidupan berbangsa dan bernegara yang memiliki peranan penting dalam mendukung bidang ekonomi, sosial dan budaya serta lingkungan.

Untuk itu, pedoman penamaan jalan ini sangat penting untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan dan memberikan informasi identitas jalan dan transportasi dari rambu petunjuk perjalanan.

“Pemberian nama jalan tersebut akan mempermudah masyarakat umum untuk mengidentifikasi alamat warga, karena masih banyak jalan yang tidak dapat dikenali,” ujarnya.

Dikatakannya, selama ini di kabupaten Paluta nama jalan belum ditetapkan dan salah satu mekanisme dan pedoman pemberian nama jalan yang sama sekali belum memiliki nama adalah drngan melibatkan warga dari daerah tersebut.

Dan untuk menyesuaikan dengan karakteristik dan budaya daerah, pemberian nama jalan diambil dari nama tokoh nasional, nama pahlawan atau tokoh masyarakat daerah yang telah berjasa. 

“Karena itu, sosialisasi ini dimaksud untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat atau pihak terkait tentang pedoman dan tata cars pemberian nama jalan sesuai peraturan yang ada,” terangnya.

Untuk itu, ia berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik sehingga bisa menghasilkan rumusan penamaan jalan sesuai aturan dan pedoman yang ada.

Sementara, ketua panitia pelaksana kegiatan yakni Kabag Pemum dan Otda pada Setdakab Paluta Ahmad Hilaluddin Daulay mengatakan bahwa maksud pemberian nama jalan dan sarana umum ini adalah untuk memberikan identitas terhadap jalan dan sarana umum milik pemerintah daerah guna mencerminkan semangat dan filosofi serta memudahkan akses informasi bagi masyarakat.

Katanya, kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan di 4 tempat wilayah kecamatan di daerah kabupaten Paluta dengan peserta yang berasal dari pegawai dinas terkait, pegawai kecamatan, kades dan aparat desa serta tokoh masyarakat yang ada di setiap daerah. 

“Kegiatan ini melibatkan para tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan, kepala desa dan perangkatnya, pegawai dinas terkait dan pegawai kecamatan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang tata cara pemberian nama jalan sesuai dengan peraturan yang ada,” ujarnya.

Karena itu, ia mengajak semua peserta dan masyarakat agar dapat memberikan masukan terkait penamaan jalan nanti untuk mempermudah masyarakat memperoleh informasi saat melakukan perjalanan dengan rambu petunjuk yang ada.

Pantauan, kegiatan diisi dengan pemaparan dari narasumber yang menjelaskan pedoman serta tata cara penamaan jalan yang telah diatur dalam peraturan yang ada sehingga tidak menyalahi hukum dan sesuai dengan yang diharapkan oleh semua pihak.(Akhir9)
Komentar Anda

Berita Terkini