LARISPA


MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

Wamenlu RI Tekankan Pentingnya Pelindungan WNI di Luar Negeri

harian9 author photo

JAKARTA| H9
Wakil Menlu RI Mahendra Siregar (30/11) menyampaikan, Pelindungan WNI di luar negeri adalah tugas semua komponen bangsa. Bukan hanya Kemlu, bukan hanya Pemerintah.  Pesan itu disampaikannya saat membuka Safe Travel Fest 2019 bertema “Stay Safe and Enjoy Your Trip” di Mal Kota Kasablanka Jakarta, pada 27 November - 1 Desember 2019.

"Mari kita teruskan komitmen kolaborasi lintas sektor, pemerintah dan non-pemerintah, dan semua pemangku kepentingan, untuk meningkatkan keselamatan WNI di luar negeri,” ajaknya.

Wamenlu juga mengajak semua yang terlibat dalam upaya pelindungam untuk mengubah mindset, "Pelindungan yang efektif adalah mencegah sebelum muncul masalah, menempatkan warga bukan hanya sebagai objek tapi juga subjek pelindungan, dan memberdayakan warga untuk aktif melakukan langkah pencegahan sebagai bentuk pelindungan diri sendiri". 

Pesan tersebut mendasari Kementerian Luar Negeri melakukan inovasi digital sebagai platform pemberdayaan masyarakat. Platform yang dinamakan Safe Travel. Kegiatan Safe Travel Fest mengambil tagline “Stay Safe and Enjoy Your Trip” dan menjadi sarana Kemlu dalam mengampanyekan penggunaan aplikasi Safe Travel untuk perjalanan ke luar negeri dengan aman dan nyaman.

Sepanjang pelaksanaan Safe Travel Fest 2019, diadakan berbagai talkshow tematik yang menghadirkan banyak pihak yang berkaitan dengan perjalanan ke luar negeri seperti travel influencers, asosiasi agen perjalanan umrah, hingga kedutaan asing, dengan tema-tema talk show yang tidak kalah menarik seperti kebijakan visa negara asing, jasa titipan (jastip), literasi keuangan untuk traveling, studying abroad, traveling for women, umrah dan haji, dan isu-isu menarik lainnya seputar berpergian ke luar negeri yang aman dan nyaman. 

Disediakan pula booth tematik kawasan dunia untuk mengakomodasi pengunjung untuk berswafoto, serta beragam door prize menarik bagi para pengunjung yang telah mengunduh aplikasi Safe Travel.

Sebagai sarana mewujudkan pelindungan WNI yang menjadi salah satu prioritas politik luar negeri Indonesia, kegiatan Safe Travel Fest 2019 diharapkan dapat meningkatkan awareness masyarakat Indonesia mengenai bagaimana melakukan perjalanan ke luar negeri yang aman dan nyaman. 

Selain itu, aplikasi Safe Travel yang disiapkan Kemlu diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pelancong Indonesia serta menjadi instrumen pelindungan WNI yang memastikan kehadiran negara tidak hanya secara fisik tapi juga secara digital. (kemlu/03)

(Foto: kemlu)


Komentar Anda

Berita Terkini