-->

IHSG Sore Ini Ditutup Menguat 0,78 Persen

HARIAN9 author photo

MEDAN| H9
Indeks harga saham gabungan ditutup menguat 0.78% di level 6.274,49. Kinerja IHSG sempat menunjukan tren turun meskipun tidak sempat di perdagangkan di zona merah. PAda sesi satu setelah kenaikan saat pembukaan, IHSG justru berbalik arah dengan menunjukan tren penurunan. Tetapi di sesi kedua trennya berbalik.

"Mata uang Rupiah juga diperdagangkan menguat di level 13.835 per US Dolar. Berbaliknya kinerja pasar keuangan pada hari ini membuat dipicu oleh membaiknya tensi perang antara AS dan Iran. Namun masalah belum sepenuhnya hilang. AS kembali mengeluarkan pernyataan akan memberikan sanksi yang lebih luas kepada Iran setelah serangan Iran ke sejumlah basis AS di Irak," kata analist keuangan Sumut, Gunawan Benjamin, Kamis (9/1/2020)

Fokus pelaku pasar kembali tertuju kepada rencana kesepakatan dagang antara AS dengan China, setelah pejabat Cina dijadwalkan akan ke AS untuk melakukan kesepakatan dagang antara kedua negara. Sementara waktu, pelaku pasar bisa mengabaikan sentiment perang yang terjadi antara AS dengan Iran.

Disisi lainnya, sjeumlah harga komoditas juga mulai menunjukan tren penurunan. Harga emas turun dikisaran 1.550-an per ons troynya. Setelah sempat menembus level 1600. Harga minyak dunia juga mengalami penurun dibawah level $60 per barelnya.(Jae9)
Komentar Anda

Berita Terkini