-->

Kapolres Sergai Pimpin Apel Kesiapan Hadapi Bencana Alam

HARIAN9 author photo

SERGAI| H9
Kepolisian Resort Sergai bersama Instansi terkait melaksanakan Apel kesiapan Penanggulangan Bencana alam di Kabupaten Sergai Provinsi Sumatera Utara, bertempat di halaman Mako Polres Sergai Sei Rampah, Rabu (15/1/2020) sekira pukul 08:00WIB.

Apel upacara Siaga Bencana Alam dengan tema 'Kita Jaga Alam Jaga Kita' ini di pimpin langsung Kapolres Sergai AKBP Robinson Simatupang, SH, MH.

Dalam sambutan, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang menyampaikan bahwa maksud tujuan pelaksanaan apel ini adalah untuk menyamakan persepsi dalam rangka kesiapan siagaan penanggulan bencana alam di Kabupaten Serdang Bedagai.

"Apabila terjadi bencana, kita sudah mempersiapkan penanganya sedini mungkin. Mulai dari pelibatan personil sampai penggelaran sarana dan prasarana," kata mantan Kapolres Batubara.

Adapun penyelenggaraan bencana ada 3 tahap penyelenggaraan penanggulangan bencana antara lain, Perencanaan dalam situasi tidak terjadinya bencana dan dalam situasi terdapat potensi terhadinya bencana dengan cara melaksanakan kesiap siagaan peringatan dini dan mitigasi bencana.

Tanggap darurat penyelengaraan penanggulangan bencana saat tanggap darurat. Pasca bencana penyelenggaraan penanggulangan bencana dengan cara melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi.

"Kategori bencana dan keadaan darurat bencana yaitu peristiwa atau rangkaian yang mengancam dan menganggu kehidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam atau non alam serta faktor manusia yang mengakibatkan timbul korban jiwa, kerugian harta benda dan kerusakan lingkungan yang memelukan penanganan tindakan segera," jelasnya.

Untuk itu, mantan Wakasat Reskrim Poltabes  MS (kini Polrestabes) Medan ini berharap benar - benar siap nantinya dalam antisipasi penanganan dampak dari bencana.

Sementara itu, Kepala BPBD Sergai Hendri Suharto didampingi Kabid Pengcegahan dan Kesiap Siagaan Dadan Penanunggalangan Bencana Daerah Hj, Mira Montana mengatakan bahwa, penyelenggaraan Penanganan bencana alam ada tiga bagian yaitu, Kesiapan sebelum terjadi bencana alam, Penanganan saat terjadi bencana alam dan Penanganan setelah terjadinya bencana.

"Untuk wilayah Kabupaten Serdang Bedagai ada dua kemungkinan terjadi bencana alam terdiri Angin Puting Beliung dan Banjir," kata Henri Suharto.

"Kiita harus hadir ditengah masyarakat dalam kejadian bencana alam dan harus mampu mengembalikan traumatik para korban bencana sebagai bukti kesiapan kita dalam penanganan bencana alam di Kabupaten Serdang Bedagai," jelas Kepala BPBD Sergai.

Apel Siaga Bencana Alam ini turut dihadiri, Dandim 0204/ DS Letkol Kav  Syamsul Arifin , SE, Sekda Kabupaten Sergai HM. Faisal Hasrimy AP, MAP, Ketua MUI Sergai, H. Hasbul Panjaitan, Ketua FKUB Drs. Irfan Elfuadi Lubis dan Para Kadis OPD Sergai, Barisan PMI Kabupaten Serdang Bedagail, para PJU Polres Sergai, Barisan Barisan Personil Kodim 0204/DS, Barisan Senkom Mitra Polri, Barisan Karang Taruna dan Barisan Pramuka lainnya. (HJ9)

Komentar Anda

Berita Terkini