Kebakaran Di Padangsidimpuan Hanguskan 15 Rumah

HARIAN9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Kebakaran hebat yang melanda 15 Rumah di Kota Padangsidimpuan, sekitar Pukul 14.20 WIB. Api menghanguskan rumah dan tempat usaha penduduk, di jalan Sudirman eks jalan Merdeka  Lingkungan  5 Kelurahan Wek I, Kecamatan Padangsidimpuan Utara kota Padangsidimpuan Sumatera Utara. Kamis (9/01/2020).

Pantauan di lokasi kejadian, secara bergantian ada sebanyak 7 armada pemadam kebakaran, 5 milik Pemko Padangsidimpuan dibantu mobil Water cannon dari pihak kepolisian dan mobil damkar Pemerintah kabupaten Tapsel  bersama warga dibantu kepolisian, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan bahu membahu memadamkan api yang berkobar di tempat pemukiman warga agar tidak semakin melebar.

Sejumlah rumah terpaksa dirusak agar dapat memutus sambaran api sehingga tidak mengakibatkan bertambahnya rumah yang terbakar.

Kebakaran yang terjadi di tengah hari itu membuat panik warga setempat dan berusaha menyelamatkan harta benda ke tempat yang aman dibantu masyarakat lainnya dan personil yang ada.

Dari informasi yang dihimpun atas peristiwa itu, diperkirakan ada 15 rumah dan tempat usaha warga hangus terbakar dilalap sijago merah.
Korban jiwa diperkirakan tidak ada, sementara kerugian materil miliartan ripiah dan penyebab kebakaran masih dalam penanganan pihak terkait.
Proses evakuasi dan pemadaman api dibantu Personil TNI Kodim 0212/TS Babinsa Koramil 02/Kota dan Polres Kota beserta warga setempat.

Dilokasi kebakaran tampak Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Hilman Wijaya, Camat Padangsidimpuan Utara Zulkifli Lubis yang turut membantu memadamkan kobaran api meminta masyarakat yang menjadi korban kebakaran untuk tetap tabah.

Terpisah, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH didampingi Kadis Kominfo Islahuddin Nasution bersama Kabag Protokol dan komunikasi Pimpinan daerah, Nurcahyo Budi Susetyo yang juga meninjau lokasi kebakaran, menyampaikan untuk meringankan beban warga yang tertimpa musibah.

sejauh ini pihak Pemko Padangsidimpuan membuat dapur umum, Pos kesehatan, tenda dan Perlengkapan lainnya sekaligus mendata para korban, yang rencananya dibuat di Masjid lingkungan setempat.

Dilokasi kobaran api yang berhasil di padamkan, pukul 16.05. Sementara pemilik rumah dan masyarakat tampak masih berada disekitar lokasi kebakaran untuk mengais barang dan peralatan yang masih dapat dipergunakan.

Identitas para pemilik rumah yang jadi korban antara lain ;

Nama : Efendi
Umur : 30 thn
Pekerjaan : PNS
b. Nama : Ibu Upik
Umur : 41 Thn
Pekerjaan : Dagang
c. Nama : Ramli Jhon
Umur : 55 Thn
Pekerjaan : Wiraswasta
d. Nama : Nova Juntak
Umur : 40 Thn
Pekerjaan : ibu Rumah Tangga
e. Nama : Syamsir Harahap
Umur : 70 Thn
Pekerjaan : Wiraswasta
f. Nama : M.Yasin
Umur : 45 Thn
Pekerjaan : Wiraswasta
g. Nama : H. Lase
Umur : 50 Thn
Pekerjaan : Dagang
h. Nama : David Pardede
Umur : 45 Thn
Pekerjaan : Dagang
i. Nama : Ranto
Umur : 55 Thn
Pekerjaan : Dagang
j. Nama : Indra Lubis
Umur : 40 Thn
Pekerjaan : Wiraswasta
k. Nama : Abu Hurairah
Umur : 72 Thn
Pekerjaan : Pensiunan PNS
l. Nama : Syawal
Umur : 40 Thn
Pekerjaan : Dagang
m. Nama : Hasan Lubis Umur : 47 Thn
Pekerjaan : Wiraswasta
n. Nama : Umi Kalsum
Umur : 48 Thn
Pekerjaan : Dagang
o. Nama : Kastimah Pulungan
Umur : 70 Thn
Pekerjaan: Dagang.

Kebakaran terjadi akibat dari kelalaian warga dalam penggunaan arus pendek listrik dan padatnya perumahan tua serta kencangnya angin sehingga api cepat menjalar. (DEN9)
Komentar Anda

Berita Terkini