Kesadaran Penduduk Penting untuk Sukseskan SPO 2020

harian9 author photo

MEDAN| H9
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Medan Dra Enny Nurani menyampaikan, sesuai dengan jadwal, Sensus Penduduk Online 2020 akan dilaksanakan Februari-Maret 2020, di mana penduduk melakukan sensus secara mandiri melalui situs sensus.bps.go.id. Basis utama sensus adalah Nomor Indonesia KTP, dan Kartu Keluarga. Berikutnya, melalui situs ini akan ada evaluasi berkala Sensus Penduduk Online. Akses ke situs ini bisa menggunakan smartphone, tablet, ataupun komputer.

Hal itu disampaikannya saat membuka Rapat Strategi Sensus Penduduk Online (SPO) 2020 di Hotel Grandhika, Kamis (09/01/2020).

Dikatakannya, kesadaran penduduk yang memiliki literasi tehnologi dan internet dengan sukarela bersedia mengisi kuesioner secara mandiri dan kejujuran pengisian data begitu menentukan kualitas output data kependudukan tersebut. 

"SPO dilakukan bertujuan antara lain membangun budaya baru di masyarakat terhadap arti dan pentingnya data, memudahkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam sensus. Rapat Strategi SPO hari ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi ataupun catatan-catatan untuk suksesnya SPO 2020," ujar Kepala BPS Medan.

Rapat Strategi SPO dihadiri oleh seluruh pegawai organik BPS Medan dan juga Kabid Sosial BPS Provinsi Sumatera Utara Mukhamad Mukhanif. (03)

(Foto: Ist.)



Komentar Anda

Berita Terkini