LARISPA


Menuju Pilkada Tapsel 2020, Balon Wakil Bupati Suheri Harahap, M.Si Mendaftar ke PDI Perjuangan

HARIAN9 author photo

TAPSEL| H9
“ Saya datang ke sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), untuk mendaftar sebagai Bakal Calon (Balon) Wakil Kepala Daerah pada Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) tapsel tahun 2020," demikian disampaikan Balon Wakil Bupati Tapsel Suheri Harahap, M.Si.

Kehadiran Suheri Harahap didampingi Tokoh Adat Angkola Selatan Tongku Raja Batara Guru Harahap dan Tokoh Adat Angkola Barat Baginda Sukonda, usai melkukan pengembalian formulir pendaftaran sebagai Balon Wakil Bupati Tapsel periode 2020-2025 pada Pilkada Tapsel tahun 2020 di Sekretariat DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Tapsel Jalan Mawar Padangsidimpuan, Senin (27/1)
           
Disebutkannya, PDI Perjuangan sudah membuka peluang yang sebesar-besarnya buat saya, dengan harapan PDI Prjuangan nantinya dapat dijadikan “perahu” dan mengusung saya bersama Balon Bupati Tapsel nanti untuk maju di Pilkada Tapsel 2020.

Dikatakannya, dipilihnya PDI Perjuangan sebagai kendaraan politik, karena PDI Perjuangan selain partai pemenang pemilu, juga sebagai partai terbesar di Indonesia yang memiliki kader partai berpengalaman untuk memenangkan para calon Kepala Daerah / Wakil Kepala Daerah yang diusungnya.

“Saya mengharapkan “perahu” PDI Prjuangan dapat mengusung kami nanti, sekaligus para kader dan personil PDI Prjuangan Tapsel berjuang bersama kami memenangkan kami dalam pesta demokrasi di bulan September 2020 mendatang, ” kata Suheri.

Terkait mekanisme yang diajukan PDI Perjuangan kepada dirinya sebagai Balon Wakil Bupati Tapsel, Suheri menyatakan, kesiapannya untuk memenuhi mekanisme partai. Semua mekanisme saya serahkan seluruhnya kepada partai nantinya, tetapi saya yakin bisa maju dari PDI Perjuangan brsama koallisinya nanti, “ terangnya.

Menurut Suheri, niatnya untuk maju sebagai Balon Wakil Bupati Tapsel periode 2020-2025, karena ia sebagai putra daerah Tapsel tentu terpanggil untuk membawa perubahan baru bagi Kabupaten Tapsel ke depan terutama yang berbasis budaya yang berasal Angkola-Sipirok.

“Kebetulaan saya adalah putra Angkola bermarga Harahap, maka saya berharap ke depan sebagai Balon Wakil Bupati yang nantinya dapat berpasangan dengan Balon Bupati Tapsel bermarga Siregar, yang berarti pasangan kami nantinya diharapkan bermarga Siregar-Harahap (Rehap) dan bisa diusung oleh partai politik diantaranya PDI Perjuangan, “ ujar Suheri.

Selain itu katanya, ia juga merasa terpanggil melihat kondisi social, ekonomi maupun pendidikan masyarakat kita hari ini. Demikian juga Sumber Daya Manusia (SDM) Tapsel yang jauh tertinggal.

“ Tingkat pendidikan kita yang seharusnya bisa jauh lebih baik, hari ini kita melihat pendidikan anak-anak Tapsel masih terlihat porak poranda, tentunya ini menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Kabupaten Tapsel ke depan untuk menjadi lebih baik, bagaimana anak-anak Tapsel bisa mengecap jenjang pendidikan yang lebih tinggi hingga Perguruan Tinggi, “ ucapnya.

Suheri menjelaskan, bagimana kita nantinya meningkatkan mutu pendidikan untuk mencetak SDM yang berkarakter, berbudaya dan ber iman. Karena, dengan faktor itulah nantinya yang membuat Tapsel bisa maju. “ Selama ini kita sudah kehilangan nilai-nilai budaya, yang seyogianya pemerintah selalu hadir dalam berbagai kebijakan berbasis budaya, “ imbuhnya.

Kemudian, persoalan social, penyakit masyarakat ini tumbuh subur karen faktor ekonomi. Lapangan kerja kita sulit. Kenapa..? sector perkebunan dan pertanian saat ini sudah tidak menjanjikan lagi. Tentu ini menjadi tanggungjawab pemerintah ke depan untuk membawa perubahan dan advokasi masyarakat.

“ Semua masyarakat harus di berdayakan di seluruh segi kehidupan, apalagi Sumber Daya Alam (SDA) kita yang cukup dan potensial untuk mebantu peningkatan ekonomi masyarakat kita. Ini yang saya lihat perlu digerakkan ke depan, “ tuturnya.

Ia juga berharap kepada para tokoh adat, Raja-Raja adat Angkola Sipirok ini siap membantu saya untuk maju sebagai Balon Wakil Bupati Tapsel dan ia akan mendengar betul harapan dari Raja-Raja adat ini untuk bisa mengantarkannya menuju pentas Pilkada Tapsel.

“ Karena inilah semua sebagai pilar utama dari sebuah pemerintahan ke depan. Raja-raja ini tidak hanya sebagai alat pelengkap. Mereka harus menjadi penasehat bagi penentu kebijakan dalam menjalankan pemerintahan. Saya berharap, amanah yang akan diberikan Raja-raja adat ini akan menjadi kenyataan, karena mereka sudah melihat kondisi hari ini, “ terangnya.

Selain PDI Perjuangan, untuk maju sebagai Balon Wakil Bupati Tapsel periode 2020-2025, ia juga mendaftar di Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Tapsel dan ia sudah menyampaikan visi misi di PPP.

“ Saya pikir di dua partai ini sebagai partai yang digunakan untuk mengusung dirinya sebagai Balon Wakil Bupati Tapsel bisa mengkomunikasikan pasangan Bakal Bupati nanti, terutama yang bermarga Siregar dan dukungan moral dari Raja-raja adat ini sesungguhnya menjadi modal utama saya nanti untuk tampil sebagai Balon wakil Bupati Tapsel, “ imbuhnya.

Sementara Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tapsel Andi Jaka Sipahutar melalui Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Ikbal Halid Siregar didampingi Sekretaris Ahmad Fauzi Lubis, S.Ag dan Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan Masdoharni Dalimunthe meyambut baik baik kedatangan Suheri Harahap, M.Si bersama rombongan untuk mengembalikan formulir menyambut pendaftaran sebagai Balon Wakil Bupati Tapsel periode 2020-2025.

Disebutkannya, sampai saat ini sudah ada lima Balon Bupati dan Wakil Bupati Tapsel yang mengembalikan formulir ke panitia penjaringan di secretariat PDI Perjuangan, masing-masing tiga orang Balon Bupati dan dua orang Balon Wakil Bupati, termasuk Suheri harahap, M.Si.

“ Kami memberikan apresiasi kepada Suheri Harahap atas keseriusannya untuk maju menggunakan “perahu” PDI Perjuangan sebagai Balon Wakil Bupati pada Pilkada Tapsel, “ terangnya, seraya menambahkan, menjadi calon harus mengikuti mekanisme seperti verifikasi administrasi, wawancara, survei, seleksi tim Pilkada Kabupaten Tapsel. (Den9)
Komentar Anda

Berita Terkini