Peduli Lingkungan, Kapolres Padangsidimpuan Ajak Generasi Muda Menanam Pohon

HARIAN9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Padangsidimpuan AKBP. Hilman Wijaya, SIK, MH mengajak para generasi muda peduli terhadap gerakan penghijauan dan lingkungan sebagai upaya menjaga keseimbangan alam.

“ Oleh karena, pada kegiatan gerakan serentak tanam pohon ini, saya perintahkan setiap personel minimal menanam satu bibit pohon. Gerakan ini, sekaligus mengajak generasi muda ikut peduli melakukan hal yang sama dan peduli terhadap penghijauan, “ ujar Kapolres AKBP Hilman Wijaya, di sela-sela tanam pohon dalam rangka Gerakan Aksi Sejuta Pohon Sedunia tahun 2020 di halaman Kantor Pos Pol Sub Sektor Sidangkal Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Jum,at (10/1)

Pada kegiatan tanam pohon secara serentak ini, Polres Padangsidimpuan menanam berbagai tanaman baik jenis pohon produktif dan berbagai jenis bunga di seluruh asset Polri di Kota Padangsidimpuan mulai dari Kantor Polres, Polsek, Asrama Polri dan lain sebagainya.

“ Kegiatan gerakan tanam bibit pohon ini merupakan perintah Kapolri, sebagai langkah antisipasi dan meminimalisasi bencana alam, apalagi beberapa wilayah di Kota Padangsidimpuan memiliki wilayah perbukitan dan rawan longsor. Tentunya Polri sebagai institusi Negara turut melakukan antisipasi dini, “ ucap Hilman.

Kapolres juga berharap, gerakan penghijauan ini harus dilakukan berkelanjutan dan berkesinambungan, bukan sekadar seremonial agar wilayah disini lebih kelihatan sejuk dan sebagai upaya mengantisipasi bencana. Tapi gerakan ini harus kita budayakan dan sosialisasikan kepada masyaralat agar masyarakat juga lebih giat menjaga lingkungan dengan menanam pohon.

“ Insya Allah tahun depan, pohon yang ditanam hari ini pastinya akan menjadi pepohonan yang tumbuh besar dan dapat menjadikan perubahan pada lingkungan, dan hasilnya akan dinikmati oleh anak cucu kita. Saya  juga mengapresiasi kebersamaan dan kekompakan yang ditunjukan personil saat penanaman pohon, ia berharap kebersamaan ini terus ditingkatkan dan dipertahankan, “ tuturnya.

Kepada masyarakat, Kapolres mengimbau agar ikut andil dalam menjaga lingkungan atau alam dengan tidak menebang hutan secara liar, menanam pohon dan membuang sampah pada tempatnya.

“ Kami meminta kepada masyarakat untuk ikut aktif berperan menjaga lingkungan dengan juga melakukan penanaman pohon, tidak menebang hutan secara liar serta membuang sampah pada tempatnya. Mari bersama kita cintai alam tempat kita hidup dan lakukan penghijauan,” ujar Kapolres. (Wan9)

Komentar Anda

Berita Terkini