LARISPA


MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# ANDA PUNYA BAKAT MENULIS PUISI, ARTIKEL, KARYA ILMIAH DAN TULISAN LAINNYA, SERTA INGIN DIMUAT DI KANTOR BERITA HARIAN9 INI, SILAHKAN KIRIM tulisan ANDA VIA EMAIL redaksiharian9@gmail.com

Pemko Padangsidimpuan Jamin Permudah Pengurusan Adminduk Warga Korban Kebakaran

HARIAN9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Belasan Kepala Kepala (KK) kehilangan tempat tinggal atas insiden terbakarnya 15 unit rumah permanen dan semi permanen yang terjadi di Jalan Sudirman Kampung Salak Kelurahan Wek I Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan pada Kamis, 9 Januari 2020 kemarin.

Bukan hanya tempat tinggal dan harta benda yang ludes terbakar, bahkan banyak dokumen milik warga korban kebakaran seperti KTP, KK, Akta Kelahiran, surat tanah atau sertifikat dan lain sebagainya juga turut hangus terbakar.

Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan menjamin akan mempermudah masyarakat korban kebakaran apabila ingin mengurus dokumen administrasi kependudukan (Adminduk) yang hangus terbakar. 

“ Itu pasti, itu semua harus kita urus, apapun itu kita urus, termasuk dokumen pendidikan seperti ijajah dan raport siswa yang hangus terbakar akan kita permudah pengurusannya dan tidak akan mempersulitnya, “ tegas Wakil Walikota Padangsidimouan Ir. H Arwin Siregar, MM didampingi Sekretaris Daerah Kota Padangsidimpuan H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes, usai menyerahkan bantuan tanggap darurat kepada korban kebakaran, Sabtu (11/1)

Untuk kelancaran pengurusan dokumen warga tersebut, Wakil Walikota memerintahkan Camat Padangsidimpuan Utara besertapihak Kelurahan dan jajarannya membantu pengurusan dokumen tersebut. 

“ Nanti Camat dan Lurah yang membantu mengurus semua itu dokumen kependudukan milik warga korban kebakaran dan surat keterangan apapun yang dibutuhkan warga masyarakat, pengurusannya dibantu secara gratis, “ terang Arwin.

Selain itu, Arwin juga memerintahkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dan Dinas Pendidikan Kota Padangsidimpuan untuk tidak mempersulit pengurusan segala dokumen Anminduk dan pendidikan bagi warga yang terkena musibah kebakaran.

Terkait dengan pemulihan pasca kebakaran, Arwin menyebutkan, pihaknya akan memfasilitasinya dan untuk pemulihannya akan kita rumuskan, terkait apa-apa yang harus dibuat. Tapi kebutuhan masyarakat disini yang secara cepat itu yang perlu dihimpun sekarang.

“ Untuk pemulihannya pasti akan kita fasilitasi dan siapkan. Untuk sementara ini kita siapkan dapur umum, posko kesehatan, pasokan air bersih dan memberikan bantuan tanggap darurat lainnya, “ ucap Arwin.

Agar kejadian tersebut tak terulang kembali, Arwin mengimbau, agar warga saling waspada. Apalagi, di kawasan padat pemukiman. “ Saya imbau warga agar saling menjaga sekecil apapun. Jangan membakar sembarangan, matikan kompor dan listrik bila bepergian dan kalau ada kabel-kabel listrik yang sudah telanjang harus diantisipasi, “ imbaunya.  (Den9)

Komentar Anda

Berita Terkini