LARISPA


MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# ANDA PUNYA BAKAT MENULIS PUISI, ARTIKEL, KARYA ILMIAH DAN TULISAN LAINNYA, SERTA INGIN DIMUAT DI KANTOR BERITA HARIAN9 INI, SILAHKAN KIRIM tulisan ANDA VIA EMAIL redaksiharian9@gmail.com

Siaga Bencana, Personil Polres Tapsel Gelar Latihan

harian9 author photo

TAPSEL| H9
Untuk meningkatkan kemampuan personel dalam pelaksanaan tugas, Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar latihan kesiapsiagaan bencana, di lapangan Futsal Mapolres Tapsel, Selasa (14/1).

Kegiatan latihan kesiapsiagaan bencana tersebut, dipimpin Wakapolres Tapsel Kompol Jumanto, SH, MH dan melibatkan 20 orang personil dari Satuan Samapta Bhayangkara (Shabara ) Polres Tapsel.

Dalam simulasi tersebut, personil Polres Tapsel juga anggota memperagakan ketepatan, kesiapan dalam pertolongan pertama terhadap korban hanyut di sungai, baik itu cara menyelamatkan korban banjir maupun korban yang tenggelam, serta, cara menberikan prtolongan pertama bagi korban yang berhasil diselamtkan dan juga berlatih cara menggunakan peralatan bencama alam.

Wakapolres Tapsel Kompol Jumanto, SH, MH mengatakan, latihan ini untuk mempersiapkan personel Polres Tapsel apabila ada bencana, baik di darat maupun di air untuk siap diterjunkan ke lapangan.

“Selain untuk meningkatkan kemampuan personel, latihan ini juga untuk antisipasi bencana, sekaligus untuk lebih memaksimalkan tugas-tugas anggota di lapangan. Kita sudah siapkan personel yang memiliki kemampuan SAR, bila ada bencana,“ ucapnya.

Wakapolres menambahkan, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan mengingat saat ini cuaca sangat ekstrim dan tidak menentu bahkan sudah banyak korban meninggal dunia akibat banjir bandang, tanah longsor  dll, sehingga dengan dilaksanakannya latihan tersebut bisa bermanfaat dan kiranya bisa meminimalisir dan mengurangi korban bila terjadi bencana.

“Kepada seluruh personil saya tekankan untuk selalu berlatih cara menggunakan peralatan bencama alam dan cara penyelamatan korban banjir, tapi utamakan dulu keselamatan diri dalam memberi pertolongan, sehingga mampu memberikan pertolongan dengan tepat dan benar,“ ungkapnya.  (Wan9)

 
Wakapolres Tapsel Kompol Jumanto, SH, MH membrikan arahan pada latihan kesiapsiagaan bencana, di lapangan Futsal Mapolres Tapsel, Selasa (14/1). (Foto: Riswandy)








Komentar Anda

Berita Terkini