LARISPA


MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# ANDA PUNYA BAKAT MENULIS PUISI, ARTIKEL, KARYA ILMIAH DAN TULISAN LAINNYA, SERTA INGIN DIMUAT DI KANTOR BERITA HARIAN9 INI, SILAHKAN KIRIM tulisan ANDA VIA EMAIL redaksiharian9@gmail.com

Walikota Padangsidimpuan Panen Perdana Padi Di Demplot Rumah Pintar Acibu

HARIAN9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH bersama Dandim 0212/TS Letkol Inf. Akbar Novrizal Yusananto, SIP melakukan panen perdana padi sawah di Demplot mina padi melalui program pengembangan masyarakat Rumah Pintar Aku Cinta Ibu (Acibu) di Desa Purwodadi Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Rabu (8/1).
 
Panen perdana tersebut dihadiri Rektor Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) Dra. Muksana Pasaribu, MA, Dosen Peneliti dari UMTS Imelda Sari Harahap, S.Pi, M.Si, Nurhamidah Gajah, S.Sos, M.AP, Founder Rumah Pintar Acibu Ismar Fitriyanthi Ismed dan Aisyah Mulyana, Kadis Pertanian Kota Padangsidimpuan Parimpunan Siregar, pimpnan OPD se Kota Padangsidimpuan, para perwira dan staf Kodim 0212/TS.
 
Dalam sambutannya, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH menyampaikan ucapan selamat dan terimakasih kepada para kelompok masyarakat yang tergabung dalam Rumah Pintar Acibu yang telah berhasil mengelola tanaman padi dengan hasil panen padi yang baik, walau hasil produksinya belum memuaskan sesuai harapan.
 
“ Pemerintah tetap berkomitmen untuk mewujudkan kedaulatan pangan serta swasembada pangan. Untuk itu, saya meminta kepada seluruh jajaran pemerintahan untuk selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam rangka pendampingan para petani di Kota Padangsidimpuan.
 
Walikota juga mendukung brbagai inovasi dan metode penelitian yang dilakukan para peneliti pertanian dari UMTS, dengan harapan, muncul peneliti-peneliti hebat dalam menciptakan inovasi-inovasi yang baru di bidang pertanian di Kota Padangsidimpuan.
 
“ Saya harapkan, inovasi ini bisa terus disemournakan, dikembangkan dan dikemas dengan baik sehingga kedepan petani kita bisa menambah produksi, meskipun dengan keterbatasan lahan pertanian yang semakin menyusut, “ ujar Walikota.
 
Dandim 0212/TS Letkol Inf. Akbar Novrizal Yusananto, SIP juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi nyata atas upayanya dalam membina para petani di Kota Padangsidimpuan, dengan memaksimalkan potensi lahan pertanian yang ada.
 
“ Ini juga bagian dari program upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan yang merupakan keterlibatan TNI mewujudkan swasembada pangan bagi petani. Kehadiran TNI sebagai motivator agar petani juga memiliki semangat agar terus meningkatkan produksi padi di lahan persawahan yang sudah ada, “ kata Dandim.
 
Kepala Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan Parimpunan Siregar melaporkan bahwa tujuan dari pelaksanaan ini adalah untuk membangkitkan semangat dan motivasi bagi semua pihak khususnya masyarakat tani untuk mendukung Upsus peningkatan produksi padi guna mendukung pencapaian target swasembada pangan nasional.
 
“ Hal ini tentunya membawa nilai postif untuk perkembangan pertanian di Kota Padangsidimpuan khususnya padi sawah, sehingga secara tidak langsung bisa meningkatkan swasembada pangan sesuai apa yang diharapkan pemerintah, “ ucapnya. (Den9)
Komentar Anda

Berita Terkini