LARISPA


MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# ANDA PUNYA BAKAT MENULIS PUISI, ARTIKEL, KARYA ILMIAH DAN TULISAN LAINNYA, SERTA INGIN DIMUAT DI KANTOR BERITA HARIAN9 INI, SILAHKAN KIRIM tulisan ANDA VIA EMAIL redaksiharian9@gmail.com

Ajak Sejumlah Kepala OPD ke Banjarmasin, Bupati Soekirman Ingin Pelajari Kosep Wisata Sungai

HARIAN9 author photo

SERDANG BEDAGAI| H9
Saat menghadiri Hari Pers Nasional (HPN) ke 74 tahun 2020 di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman sengaja mengajak sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke daerah yang dikenal dengan sebutan Negeri Seribu Sungai tersebut.

Diajaknya beberapa Kepala OPD ini, bermaksud untuk mempelajari apa yang sudah diterapkan di daerah Kalimantan Selatan dalam memajukan perekonomian di Kota tersebut. Apalagi kota Banjarmasin ini juga dikenal dengan Wisata Sungainya.

Hal ini dikatakan Bupati Soekirman saat berbincang bincang dengan wartawan di Sei Rampah, kamis (13/2/2020). Menurut Bupati, bahwa kehadiran para Kepala OPD disana itu bukan untuk pelesiran ataupun menghambur hamburkan uang, tapi lebih kepada ke study tiru. 

“Kedatangan saya bersama Kepala OPD ke Banjarmasin kemarin, selain untuk menerima penghargaan kebudayaan dari PWI diacara puncak HPN tahun 2020, kita juga ingin mempelajari bagaimana cara mengembangkan konsep Wisata Sungai yang sudah ada di Kalimantan Selatan tersebut,”ungkap Bupati Soekirman. 

Dikatakan Bupati, bahwa konsep Wisata Sungai yang ada Kota Banjarmasin ini, dinilai sangat cocok jika diterapkan di Kabupaten Sergai, apalagi saat ini Kabupaten Sergai juga sedang menggalakkan program PATAYA yakni program Pangan, Pariwisata dan Budaya.

“Saya rasa, Wisata Sungai ini sangat cocok kalau dibuat di sungai Rampah ataupun di sungai Perbaungan dan sungai Bah Bolon Sipispis. Apalagi, saat ini juga sudah ada komunitas sungai, seperti di sungai Rampah yang sudah melakukan berbagai kegiatan kegiatan,”ujar Bupati Soekirman.

Bupati juga mengharapkan kepada seluruh Kepala OPD yang ikut ke Negeri Seribu Sungai kemarin, bisa benar benar mempelajari bagaimana cara mengembangkan Wisata Sungai, sehingga nantinya ilmu yang didapat dari sana bisa membawa perubahan di Kabupaten Sergai.

“Saya sangat berharap, ilmu yang didapat di Kalimantan Selatan tersebut, nantinya bisa diterapkan di Kabupaten Sergai. Apalagi dalam waktu dekat, Pemkab Sergai juga akan melakukan MoU dengan Kota Banjarmasin terkait Wisata Sungai dan Kebudayaan,”pungkas Bupati.

Terpisah, Kepala BAPPEDA Sergai Prihatinah Sagala mengatakan, bahwa kunjungan beberapa Kepala OPD ke Kota Banjarmasin tersebut, untuk melakukan study tiru terkait bagaimana caranya melakukan pengembangan konsep Wisata Sungai dan Kebudayaan di Kota Seribu Sungai tersebut. 

Apalagi lanjut Prihatinah, saat ini Pemkab Sergai juga sedang menggalakkan program PATAYA."Kedatangan kita (para Kepala OPD) ke Kota Banjarmasin tersebut untuk melakukan study tiru. Dan kedatangan kita juga disambut hangat oleh Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina beserta jajarannya, "ungkap Prihatinah Sagala. 

Prihatinah berharap, konsep Wisata Sungai yang sudah diterapkan Kota Banjarmasin ini bisa juga terapkan di Kabupaten Sergai." Harapan kita, dengan memanfaatkan Sungai sebagai destinasi wisata di Kabupaten Sergai ini bisa terwujud seperti Kota Banjarmasin,"ujar Prihatinah. 

Perlu diketahui, dalam acara HPN ke 74 tahun 2020 di Kalimantan Selatan tersebut, selain menerima penghargaan Kebudayaan dari PWI Pusat, Bupati juga berkesempatan menjadi narasumber pada dialog Kebudayaan yang digelar PWI di Hotel Mercure Banjarmasin Kalsel.(Budi9)
Komentar Anda

Berita Terkini