Budidayakan Nila, Untuk Berbagi Dengan Malaikat Pertama

HARIAN9 author photo



NGAWI|H9
Pemanfaatan lahan kosong merupakan bagian dari program satuan Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad, baik di sekitar wilayah perkantoran maupun di lingkungan rumah dinas anggota. Selain untuk mengoptimalkan penggunaan lahan kosong juga dapat menjadikan lingkungan yang lebih asri, bahkan beberapa dari pemanfaatan lahan tersebut memberikan hasil yang dapat dinikmati langsung oleh para anggota. Adalah Sertu Zet Sawori, pria kelahiran Gemeh Satal 42 tahun silam ini memanfaatkan pekarangan rumah dinasnya secara optimal.

Selain bunga dan sayuran, Sawori sapaan akrabnya juga menyulap pekarangan kosong di belakang rumahnya menjadi kolam ikan Nila. Budidaya ikan Nila yang digelutinya sejak setahun belakangan ini ternyata berdampak positif baginya. Pria berdarah Manado ini mengaku merasa nyaman ketika bersantai di dekat kolam, memberi makan pada ikan
Nila sambil melepas penat setelah seharian berdinas sebagai prajurit TNI
di Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad, Senin 10 Februari 2020.

 Saat ini kolam ikan Nila yang digeluti Sawori telah dipanen, dengan dibantu beberapa tetangga Sawori nampak semangat memanen ikan-ikan Nila yang selama ini menjadi kesibukannya seusuai dinas. Bukan untuk dijual, namun ikan hasil panen miliknya dibagikan kepada para tetangga. Berbagi dengan tetangga ternyata memberikan kepuasan batin tersendiri bagi Sawori.

“Tetangga adalah keluarga terdekat kita, berbagi dan berbuat baik kepada mereka saya rasa bukanlah sesuatu hal yang berlebihan,” ujar anggota TNI yang saat ini menjabat sebagai Bintara Jasmani di Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad ini.

Wadanyonarmed 12/Divif 2 Kostrad, Mayor Arm Adwi Prasetya menegaskan pemanfaatan lahan kosong dapat dilakukan secara optimal apabila ada rasa kepedulian dari setiap prajurit. Dengan demikian berarti ikut berperan mensukseskan program satuan. “Daripada lahan kosong tak terawat alangkah baiknya jika kita manfaatkan secara maksimal
sesuai apa yang sudah diprogramkan oleh satuan, toh hasilnya juga dapat dirasakan langsung oleh kita sendiri,” tegas pria asli Klaten itu.

Terpisah Danyonarmed 12/Divif 2 Kostrad, Letkol Arm Ronald F Siwabessy menyampaikan ucapan terimaksih bagi para anggotanya yang sudah ikut membantu mensukseskan salah satu program satuan dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar tempat tinggalnya.

Ronald juga menyampaikan rasa bangga kepada prajurit di satuannya yang dapat hidup rukun dengan tetangga, saling membantu dan saling berbagi karena menurut orang nomor satu di tubuh Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad ini Institusi Militer disebut Satuan adalah karena begitu bergantungnya kita dengan yang lain baik di medan tugas maupun di
kehidupan sehari hari.

“Implementasi sederhana dalam keseharian adalah bersikap baik kepada tetangga karena sejatinya tetangga adalah malaikat pertama yang akan memberikan pertolongan saat kita membutuhkan. Jika sudah demikian satuan kita akan menjadi satuan yang solid dan kuat,” pungkas Ronald menutup wawancaranya.
Komentar Anda

Berita Terkini