LARISPA


Dua Pleton KOTI Mahatidana MPC PP Kota Padangsidimpuan Peroleh Pembaretan

HARIAN9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Sebanyak dua pleton atau 70 orang kader Pemuda Pancasila (PP) dari Lembaga Komando Inti (Koti) Mahatidana Majelis Pimpinan Cabang (MPC) PP Kota Padangsidimpuan,  peroleh pembaretan, usai menjalani Pendidikan dan Latihan (Diklat) kader  yang dilaksanakan dalam satu upacara di Tanggal, Kelurahan Batunadua Jae Kecamatan Batunadua Kota Padangsidiampun  Sabtu (8/2).

Dalam pembaretan tersebut dipandu instruktur pelatih dari Batalyon 123 Raja Wali, dihadiri Ketua Majelis Pimpinan Organisasi (MPO) MPC PP Kota Padangsidimpuan Drs. Sarifuddin Siregar, MM, Ketua MPC PP Fadhriansyah Siregar, beserta jajaran pengurus Ketua Dewan Pakar Sulaiman Harahap, BA, Ketua KOTI Mahatidana Ady Lubis beserta jajaran, Srikandi PP, Sapma PP, seluruh anggota PAC, serta para kader dan simpatisan PP Kota Padangsidimpuan.

Sedangkan untuk penyematan baret warna merah bagi dua pleton pasukan KOTI Mahatidana MPC PP Kota Padangsidimpuan dilakukan oleh Ketua MPC PP Kota Padangsidimpuan Fadhriansyah Siregar, yang sekaligus menutup kegiatan pelatihan kader MPC PP Kota Padangsidimpuan untuk calon pemimpin organisasi PP di masa depan.

Ketua MPC PP Kota Padangsidimpuan Fadhriansyah Siregar, dalam sambutan penutupannya mengatakan, prosesi pembaretan ini merupakan wujud dari penghargaan tertinggi yang diperoleh anggota KOTI Mahatidana PP selama menjadi anggota dan kader PP.

“ Kalian merupakan kader terbaik yang terpilih melalui seleksi ketat pada tingkat PAC maupun Ranting PP. Untuk itu baret yang dikenakan kepada kalin harus tetap dijaga dan dihargai. Demikian juga dengan watak dan karakter kalian harus bisa dirobah, jangan lagi seperti yang lalu-lalu sewaktu belum memperoleh pendidikan kader, “ ujar Fadhriansyah, yang akrab disapa 'Ucok Kodok'.

Lebih lanjut dikatakan, pembaretan terhadap kader PP ini merupakan yang pertama kali dilakukan organisasi PP di Kota Padangsidimpuan, walalupun berbagai jenis kegiatan pelatihahan kader sering dilakukan.

" Ini merupakan yang pertama kali di Kota Padangsidimpuan, setelah mendapat gemblengan, pelatihan dan pengkaderan melalui berbagai jenis latihan selama satu hari penuh, melalui berbagai jenis latihan seperi kewiraan, kesamaptaan dan pendalaman organisasi dan pengkaderan, “ ucap Fadhriansyah.

Sementara Ketua KOTI Mahatidana MPC PP Kota Padangsidimpuan Ady Lubis mengatakan, setelah mendapatkan pendidikan tentang kedispilinan, mental dan baris-berbaris, diharapkan anggota KOTI Mahatidana menjadi orang-orang yang sukses dihari depan, sehingga akan menerapkan ilmu yang telah didapatinya bukan hanya dalam berorganisasi melainkan juga dalam kehidupan sehari-hari.

“ Dalam pelatihan tersebut, para kader anggota KOTI Mahatidana mendapatkan bimbingan tentang baris-berbaris (PBB), disiplin dan mental, termasuk juga memberikan pelatihan bagi anggota unit Provost MPC PP Kota Padangsidimpuan, " terang Ady.

Ia menambahkan pembaretan yang dilakukan merupakan program PP Kota Padangsidimpuan. Karenanya diharapkan para anggota KOTI Mahatidana dapat melaksanakan setiap program PP dengan sebaik-baiknya.

" KOTI Mahatidana yang kita latih dan telah dibareti ini khusus MPC PP Kota Padangsidimpuan dan kita berencana akan membuatnya juga untuk tingkat PAC, sehingga anggota PP benar-benar telah terkader, " sebut nya.

Di sisi lain, ketua MPO PP Kota Padangsidimpuan Drs. Sarifuddin Siregar, mendukung kegiatan pengkaderan ini, karena dengan program ini akan lahir kader-kader PP yang handal dan bertanggungjawab untuk menjadi pemimpin organisasi PP ke depan.

" Saya harap acara ini dapat secara rutin dan berkesinambungan dilaksanakan, sehingga menghasilkan kader yang handal, “ ujar Sarifuddin Siregar, yang juga Kepala Kantor Kemenag Kota Padangsidimpuan.

Sedangkan Ketua Dewan Pakar Sulaiman Harahap, BA, mengaku, kegiatan pembaretan ini sangat positif, utamanya mendidik para kadernya dalam kedisiplinan dan memiliki jiwa korsa yang tinggi.

" Selama pelatihan, kita lihat para kader begitu semangat dan saya melihat, kalau para kedar PP khususnya KOTI Mahatidana mengalami perkembangan disiplin dan jiwa semangat serta jiwa korsa yang tinggi. Ini masih awal dari adik-adik semua dalam berkiprah di organisasi PP, " tutur Sulaiman.

Mengenai suka duka selama pelatihan, salah seorang peserta Roma (38) mengungkapkan, selama 20 tahun menjadi kader PP, ia baru kali ini memperoleh pelatihan. " Walaupun latihan yang kami terima cukup berat dibawah teriknya matahari dan cuaca yang ekstrim, mudah-mudahan kami tetap semangat dan berhasil memperoleh baret, “ kata Roma (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini