PPK


LARISPA


HPN 2020, Bupati Harapkan Sinergi Pemerintah-Pers Semakin Erat

HARIAN9 author photo

SAMARINDA| H9
Momen Hari Pers Nasional (HPN) 2020, Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Syarul M Pasaribu mengharapkan sinergi antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapsel dengan pers semakin erat. Terlebih, pers merupakan pilar penyangga pemerintah, sehingga sudah sepatutnya bisa bersinergi dalam mengawasi pembangunan di Kabupaten Tapsel.

" Harapan kami di HPN 2020 ini, kemitraan kita antara Pemkab Tapsel dan pers semakin erat. Persahabatan juga bisa ditingkatkan untuk kerja dan kerja menuju Kabupaten Tapsel yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera, " ujar Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu melalui Kabag Humasy dan Protokol Isnut Siregar, SE di sela-sela menghadiri Hari Pers Nasional (HPN) 2020 yang bersamaan dengan peringatan lahirnya organisasi Persatauan Wartawan Indonesia (PWI) ke-74, di Samarinda Kalimantan Selatan, Minggu (9/2). 

Dikesempatan itu,  Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu juga memberikan apresiasi yang besar kepada semua insan pers di Indonesia khususnya di Kabupaten Tapsel. Sebab, menurutnya, selama ini pers selalu mendukung pembangunan di Kabupaten Tapsel.

" Saya ucapkan selamat kepada rekan-rekan jurnalis. Terima kasih untuk partisipasinnya dalam pembangunan di Kabupaten Tapsel. Hubungan sangat bagus terutama dari sisi penyampaian informasi yang menyajikan pemberitaan yang akurat dan mengedukasi, " katanya.

Disebutkannya pencapaian yang selama ini dipaparkan oleh pemerintah melalui media massa memiliki tujuan agar masyarakat memperoleh informasi. Maka, pers diajak untuk membangun optimisme dalam pembangunan daerah. 

" Saya juga mengimbau insan pers untuk meningkatkan kemampuannya dengan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Karena UKW ini bukan hanya bukti profesionalitas jurnalis, namun memiliki kekuatan proteksi. Semoga pers dapat terus menjadi pilar penyangga demokrasi dalam menyampaikan informasi, khususnya di Kabupaten Tapsel. Selamat HPN ke 74, " pungkasnya.

Selain itu juga katanya, media massa merupakan salah satu saluran komunikasi massa yang memiliki fungsi menginformasikan, mendidik, menghibur dan kontrol sosial. Kompleksnya, fungsi media massa itu juga dapat menjadi salah satu sumber rujukan dalam pengambilan keputusan pada berbagai instansi, termasuk instansi pemerintahan.

"  Fungsi kontrol sosial yang yang dilakukan pers itu bisa dijadikan dasar kebijakan dalam penyusunan program pembangunan daerah. Untuk itu, pemerintah juga butuh kritikan yang membangun dan memberikan solusi dan hanya pers lah yang memiliki peran penting dalam hal itu. Sekali lagi saya ucapkan selamat HPN, jadilah jurnalis yang profesional, " sebut dia. (Wan9)

Komentar Anda

Berita Terkini