LARISPA


MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# ANDA PUNYA BAKAT MENULIS PUISI, ARTIKEL, KARYA ILMIAH DAN TULISAN LAINNYA, SERTA INGIN DIMUAT DI KANTOR BERITA HARIAN9 INI, SILAHKAN KIRIM tulisan ANDA VIA EMAIL redaksiharian9@gmail.com

Akibat Hujan Deras, Jalinsum Sosopan Palas Kembali Putus Total

HARIAN9 author photo

PALAS| H9
Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Sosopan di Desa Hulim, Palas, Sumut, kembali putus total pada Rabu (12/02/2020). Jalur ini sama sekali tidak bisa dilewati kendaraan roda dua dan empat dari kedua arah karena badan jalan putus akibat longsor.

Para pengguna jalan terpaksa melewati alternatif jalan via Binanga - Gunung Tua.
Pantauan Harian9 bahwa badan jalan berkisar 20 meter itu jatuh amblas. Hujan lebat hingga menggerus jalan diduga penyebab longsornya badan jalan. Saat hujan lebat pada Selasa hingga pagi (11/02/2020), awalnya badan jalan sudah terlihat akan amblas.

Warga yang berlalu lalang sudah tak bisa menggunakan via jalan tersebut. Namun hingga Rabu pagi badan jalan dan Jembatan Kembar benar-benar amblas. “Pagi (Selasa) masih bisa lewat karena belum hujan dan belum ada kelihatan longsor. Baru tadi Pagi terlihat amblas. Tak bisa lagi lewat,” terang Zulkifli Daulay warga desa Huta Bargot  kecamatan Sosopan.



Melihat Kondisi jalan tetsebut warga setempat melaporkan kepada pemerintah setempat, Seperti kata seorang pegawai kantor camat sosopan mrngatakan, pihak kecamatan seteleh mendapat laporan dari masyarakat langsung turun ke lapangan.

Meninjau kerusakan yang diakibatkan longsor, terutama di sepanjang jalinsum wilayah Sosopan. Mengatasi ini untuk sementara pihak Muspika telah berkordinasi dengan seluruh unsur terkait untuk mengupayakan akses jalan bisa dilalui walaupun jalan atau jembatan darurat di jalan longsor tersebut.

Sekdakab Palas, Arpan Nasution, S.Sos, saat dihubungi waspada mengakui telah menerima laporan masyarakat, dan sudah memerintahkan dinas PU Palas untuk segera menurunkan alat untuk penanganan sementara.

Sementara kepala UPT Dinas Bina Marga Provsu, Ir. H. Marlindo Harahap saat dihubungi awak Media, juga mengatakan begitu mendapat laporan dari masyarakat terkait jembatan amblas dan tanah longsor di jalinsum Sosopan langsung menurunkan personil melakukan peninjauan sekaligus penanganan agar masyarakat bisa melintas. 

Danramil 07 Sosopan Kapt Inf Syafarudin Hasibuan, dan Pak Asmir Nst  Kamis (13/02/2020) menjelaskan kronologi terjadinya jalan dan jembatan yang amblas, unsur terkait telah bersama-sama, pihak Polsek dan kecamatan dan BPBD dan PU Palas memantau jalan dan jembatan kembar tersebut.

Pada tanggal 12 Februari 2020 pukul 07.10 wib diperoleh informasi telah terjadi Tanah Longsor dan Jembatan terputus  di 3 Desa Kecamatan. Sosopan Kabupaten Padang Lawas.
Adapun Desa yang terkena tanah longsor beserta keterangannya.1.Desa Hulim Kecamatan. Sosopan Kabupaten. Palas Terputus nya Jembatan Jalan lintas Sosopan - Sibuhuan sehingga tidak bisa di lalui kendaraan roda empat dan roda dua, 2. Desa Siundol Dolok Kecamatan. Sosopan Kabupaten Palas Longsor menutupi badan jalan dan hanya bisa di lalui kendaraan roda dua, 3. Desa Hutabargot Kecamatan. Sosopan Kabupaten Palas Longsor menutupi badan jalan dan hanya bisa di lalui kendaraan roda dua saja. Terang Syafaruddin.

Dikarenakan Curah Hujan yang tinggi sehingga terjadi longsor dan terputusnya Jembatan  mengakibatkan tertutupnya Jalan Lintas Sosopan - Sibuhuan, Muspika /Sosopan langsung berkoordinasi dengan Muspida dan PU Kab. Palas untuk mendatangkan alat berat. Dalam hal ini Kerugian : Korban Jiwa Nihil dan terputusnya jalan lintas Sosopan - Sibuhuan.
Ditambahkannya, pada Pukul 08.05 wib Muspika beserta di bantu dengan masyarakat melaksankan pembersian dengan alat seadanya.

Dengan Catatan, Curah hujan akhir - akhir ini cukup tinggi di Kabupaten Padang Lawas, dan Kurangnya perhatian pemerintah dalam pembuatan parit jalan. (AH9)
Komentar Anda

Berita Terkini