LARISPA


MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# ANDA PUNYA BAKAT MENULIS PUISI, ARTIKEL, KARYA ILMIAH DAN TULISAN LAINNYA, SERTA INGIN DIMUAT DI KANTOR BERITA HARIAN9 INI, SILAHKAN KIRIM tulisan ANDA VIA EMAIL redaksiharian9@gmail.com

Kapolri Apresiasi Polda Riau dalam Penanganan Karhutla

harian9 author photo

RIAU| H9
Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Drs Idham Azis, MSi, sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Polda Riau dan jajaran Forkopimda di Provinsi Riau, dalam upaya pencegahan dan antisipasi terhadap ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Hal itu disampaikan Jenderal Bintang Empat tersebut saat meninjau Posko Relawan Karhutla yang berlokasi di Area Purna MTQ Kota Pekanbaru, Rabu (12/2/2020) sore. Adapun Kapolri ke Pekanbaru bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP, selama dua hari.

Dalam kesempatannya, Panglima TNI dan Kapolri juga melihat langsung bagaimana upaya seluruh stake holder dalam pencegahan terjadinya Karhutla. Mulai dari Posko Karhutla di Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Roesmin Nurjadin, hingga Posko Relawan di Purna MTQ.

Kesiapan Riau dalam pencegahan Karhutla tersebut, mendapat Apresiasi dari Kapolri Jenderal Pol Drs Idham Azis, MSi. Bahkan ia mengintruksikan agar beberapa Polda di Indonesia mencontoh apa yang dilakukan di Provinsi Riau.

"Saya sangat apresiasi kesiapan seluruh jajaran Forkopimda Riau dalam upaya pencegahan, dan hari ini saya melihat bersama Pak Panglima. Yang dilakukan Riau sangat bagus, bahkan saya minta beberapa Polda harus mencontoh apa yang dilakukan Riau," ucap Kapolri.

Menurutnya, Satgas pencegahan harus di kedepankan dalam upaya bersama memerangi Karhutla, dengan dibarengi upaya penindakan, dalam kontek langkah hukum terhadap pelakunya, baik bagi perorangan maupun koorporasi.

Polda Riau menggagas dibentuknya Posko Relawan Karhutla beberapa waktu lalu. Selain itu, Riau juga memiliki Aplikasi Dashboard Lancang Kuning yang difungsikan sebagai pemantau titik api, intruksi pemadaman di lokasi Karhutla hingga kegunaan lainnya.

Dengan Dashboard Lancang Kuning yang dibuat Polda Riau tersebut, tentunya kondisi terkini seluruh pelosok wilayah dapat dipantau secara langsung, termasuk bila ada terjadi Karhutla di suatu kawasan di Riau. (HJ9)

Kapolri Jenderal Pol Drs Idham Aziz, MSi, Didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, SIP, Mengapresiasi Polda Riau Dalam Penanganan Karhutla. (Foto: Joko Hendro)




Komentar Anda

Berita Terkini