LARISPA


Mampu Ciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat, 18 Sekolah Di Sergai Raih Adiwiyata Tingkat Provsu tahun 2019

HARIAN9 author photo


SERDANG BEDAGAI | H9

Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Kali ini, prestasi itu diraih lewat lingkungan bersih dan sehat yang diterapkan di sekolah sekolah yang ada di Kabupaten Sergai.

Terbukti, sebanyak 18 sekolah yang terdiri dari 7 Sekolah tingkat SMP dan 11 sekolah tingkat SD di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini menerima penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) tahun 2019.

Penghargaan tersebut diserahkan Gubsu yang diwakili Kadis Lingkungan Hidup (KLH) Provsu Ir Binsar Situmorang bertempat dihalaman sekolah SDN 101956 Suka Ramai Desa Celawan Kecamatan Pantai Cermin, selasa (18/2/2020).

Adapun ke 18 sekolah tersebut yakni, SMPN 1 Sei Rampah, SMPN 1 Tanjung Beringin, SMPN 2 Tebing Tinggi, SMPN 1 Bandar Khalipah, SMPN 2 Teluk Mengkudu, SMPN 2 Bandar Khalipah dan SMPN 1 Serba Jadi.

Selanjutnya, SDN 102011 Sei Buluh, SDN 104303 Kp Ibus Sei Rampah, SDN 106224 Kerapuh, SDN 101952 Tualang, SDN 101929 Perbaungan, SDN 101930 Perbaungan, SDN 108293 Perbaungan, SDN 101956 Suka Ramai, SDN 105377 Naga Kisar, SDN 106223 Pekan Kamis dan SDN 102061 Bangun Bandar.

Atas raihan prestasi itu, Bupati Sergai Ir H Soekirman menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada Gubsu melalui Dinas Lingkungan Hidup yang telah memberikan penghargaan atas prestasi Adiwiyata kepada 18 sekolah di Kabupaten Sergai.

Menurut Bupati, ini merupakan raihan prestasi yang luar biasa yang didapatkan oleh sekolah sekolah yang ada di Kabupaten Sergai. Bupati berharap, prestasi ini dapat memotivasi bagi sekolah lainnya di Kabupaten Sergai untuk menciptakan lingkungnan bersih dan sehat disetiap lingkungan sekolahnya.

“Kita patut bersyukur atas raihan prestasi ini, mudah mudahan kedepannya, prestasi Adiwiyata ini dapat bertambah di Kabupaten Sergai,”ujar Bupati Soekirman.

Di Kabupaten Sergai lanjut Bupati, untuk urusan lingkungan hidup, Dinas Pendidikan telah melakukan gerakan Green, Clean and Life (GCL) di lingkungan sekolah yang dipadukan dengan Gerakan Pelajar Peduli Sampah (GERAPPAH). Olehkarenanya, kedepan diharapkan, seluruh sekolah sekolah di Sergai nantinya mampu berlomba lomba untuk mendapatkan penghargaan Adiwiyata tersebut.

Sementara itu, Kadis LH Sumut Sumut, Ir Binsar Situmorang mengatakan tujuan dari pemberian penghargaan ini untuk mewujudkan semangat baru Sumut yang bermartabat dalam lingkungan, karena ekologisnya yang terjaga serta alamnya bersih dan indah dengan penduduknya yang ramah berbudaya dan beradab.

Oleh karena itu, lanjut Kadis LH Sumut, pada kesempatan ini Pemerintah Provinsi melalui Dinas Lingkungan Hidup mewujudkannya melalui program peduli dan berbudaya lingkungan atau Adiwiyata yang tujuannya bagaimana pendidikan lingkungan dapat diwujudkan secara Lestari dan berwawasan lingkungan hidup.

"Saya berharap di tahun 2020 ini, penghargaan Adiwiyata harus dua kali lipat diterima oleh Kabupaten Sergai. Begitu juga diharapkan kepada Kabupaten kota lainnya seperti Tebing Tinggi, Asahan dan Labuhan Batu agar kedepannya selaras dengan peningkatan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah,”pungkas Binsar Situmorang

Selain Sergai, sekolah yang meraih penghargaan Adiwiyata tersebut yakni Kabupaten.Asahan 10 sekolah, Kabupaten Labuhan Batu 2 sekolah dan Kota Tebing Tinggi sebanyak 5 sekolah.

Acara penyerahan penghargaan tersebut turut dihadiri, Ketua DPRD Sergai dr M Riski Ramadhan Hasibuan, Kadis Pendidikan Sergai Drs Joni Walker Manik MM beserta jajaran, Kadis LH Sergai Drs Panisean Tambunan, Ketua Dewan Pendidikan Sergai Agus Marwan, para Kepala OPD Sergai, Kepala OPD Kota Tebing Tinggi, Asahan dan Labuhan Batu.(Roni9)

Komentar Anda

Berita Terkini