LARISPA


MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# ANDA PUNYA BAKAT MENULIS PUISI, ARTIKEL, KARYA ILMIAH DAN TULISAN LAINNYA, SERTA INGIN DIMUAT DI KANTOR BERITA HARIAN9 INI, SILAHKAN KIRIM tulisan ANDA VIA EMAIL redaksiharian9@gmail.com

OJK Sebut Perkembangan Fintech Indonesia Menggembirakan

HARIAN9 author photo

MEDAN| H9
Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Institute dan Digital Finance, Sukarela Batunanggar menyebutkan bahwa perkembangan teknologi finansial (fintech) di Indonesia sangat menggembirakan. Hal tersebut tercermin dari dana yang sudah disalurkan peer-to-peer (P2P) Lending yang mencapai hampir Rp10 triliun.

"Fintech P2P Lending yang sudah terdaftar di OJK sudah lebih dari 110 perusahaan termasuk didalamnya yang berbasis syariah. Selain P2P Lending, OJK Institute juga sudah menerima 95 startup baru yang mendaftar, yakni terdiri dari kurang lebih 18 klaster/model bisnis seperti agregator, insurtech dan blockchain," ujarnya, kemarin.

Sementara, untuk fintech ilegal sendiri, Satgas Waspada Investasi (SWI) OJK baru-baru ini telah melakukan penutupan terhadap 100 lebih fintech ilegal.  Pasalnya, perkembangan fintech yang legal saat ini sangat berkembang pesat dan pihaknya tidak ingin kehadiran fintech ilegal merusak kepercayaan masyarakat yang berdampak pada perkembangan keuangan digital.

"Ke depan, kami akan terus mengupayakan kolaborasi/engagement dengan universitas-universitas maupun stakeholders lain," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan adanya kolaborasi, tentu  akan mampu memecahkan masalah yang ada serta menemukan solusi yang tepat guna mendorong transformasi dan inovasi keuangan digital, termasuk mencerdaskan masyarakat.(jae9)
Komentar Anda

Berita Terkini