Pers Covid19


LARISPA


Pelepasan Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Sibuhuan, Banjir Air Mata Haru dan Bahagia

HARIAN9 author photo

PALAS| H9
Ratusan orang tua siswa hadiri acara pelepasan siswa-siswi kelas XII Tahun Pembelajaran 2019-2020. Siswa kelas XII jurusan IPA dan IPS dilepas oleh Guru SMA Negeri I Sibuhuan dan dikembalikan kepada orang tua wali siswa, karena telah selesai ikuti pendidikan dan UNBK.

Kegiatan prosesi pelepasan siswa berlangsung di Halaman Komplek Sekolah tersebut, kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera utara, Kamis (20/02/2020). 

Acara pelepasan siswa tersebut berlansung haru dan banjir air mata kebahagiaan.
Sebelum acara dimulai terlebih dahulu dimulaidengan pembacaan ayat suci alquran, Doa dipimpin oleh ketua MUI Palas, H. Ismail Nasution, diteruskan menyanyikan Lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan Kata sambutan dari ketua Osis Fikry Wahyudi Hasibun, kata Sambutan dari ketua MPK Hafiz Haryan Siregar, mewakili kelas XII sebagai kata perpisahan Rozi Rahman Hasibuan, dan mewakili kelas X dan XI mengucapkan selamat jalan menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Seterusnya, sambutan dari ketua komite sekolah yang mewakili orang tua siswa oleh Ibrahim Hasibuan, SH., kata sambutan dari kepala Cabang Dinas Pendidikan Palas-Paluta, dari Kadisdikbud palas yang diwakili oleh Rosidi hasibuan, serta sambutan yang mewakili DPRD palas, diakhiri bimbingan dan arahan dari pemkab palas.

Betapa tidak, acara yang dihadiri Kacab Disdik Palas-Paluta, perwakilan dari Polres Palas, Kejari Padang lawas diwakili Kasubbag BIM-Mardiras Sigalingging, ketua MUI Padang lawas, H. Ismail Nasution Kadisdikbud palas yang diwakili oleh Rosidi Hasibuan serta tokoh masyarakat padang lawas H. Marahadi Hasibuan dan unsur lainnya bersama orang tua wali siswa, dewan guru, Ketua dan Pengurus Komite SMA Negeri I Sibuhuan.

Para siswa menampilkan, ragam tarian tradisional, maupun nasional, pencak silat, dan kreasi seni lainnya, baik berupa ungkapan rasa terima kasih kepada bapak Ibu guru dan rasa syukur siswa kepada yang pencipta. Namun yang membuat acara semakin semarak, dengan penampilan kolaborasi tari piring sumatera barat siswa dan ibu guru seolah tidak ada perbedaan disaat mereka menari tarian piring tersebut.

Tidak hanya dewan guru yang terharu, namun bersama para undangan pun ikut hanyut dalam haru dan bahagia hingga meneteskan air mata, saat menyaksikan kreasi seni dari para siswa di bawah bimbingan Parmonangan Harahap, S.Pd. selaku Wakil bidang Kesiswaan di sekolah tersebut.

Kepala SMA Negeri 1 Barumun Ikhsanul Nasir Hasibuan S.Ag MM, dalam sambutannya mengungkapkan, apresiasi dan terima kasih kepada orang tua wali siswa yang telah percaya kepada para Dewan guru. Dan hari ini para siswa dikembalikan oleh dewan guru kepada orang tuanya karena telah menyelesaikan studinya disekolah.

Lebih Lanjut Nasir juga mengatakan, bahwa acara Pelepasan siswa tersebut terselenggara berkat koordinasi dan sinergitas Komite sekolah bersama siswa pengurus OSIS SMA Negeri I Sibuhuan.

“Acara Pelepasan atau Perpisahan siswa ini, terselenggara berkat koordinasi dan sinergitas Komite sekolah dan siswa pengurus OSIS SMA Negeri I Sibuhuan. Dan hari ini para siswa, Kami dikembalikan pada orang tuanya setelah siswa lulus sekolahnya.

Disamping itu Pesan kami, kepada anak-anak kejar lah cita-cita kalian dan kepada orang tua siswa, agar bisa mendukung anak-anak dalam mencari Ilmu tuk menggapai cita-citanya, Walau dengan sulit sekalipun,“ katanya.

“Kami ucapkan terimkasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dari orang tua siswa yang telah mendukung penuh kegiatan pelepasan Siswa tahun ajaran 2019-2020, terima kasih juga kepada para pengurus Osis yang telah bekerja keras dalam mensukseskan acara pelepasan siswa. Hingga acara bisa terlaksana serta berjalan dengan baik. Kami juga berharap kedepanya SMA Negeri I Sibuhuan, karena setisp kepala sekolah yang pernah menjabat di SMAN 1 ini selalu punya kraktet dan visi masing masing untuk memajukan dan menjadi sekolah yang terbaik di kabupaten dan tingkat sumut,“ bebernya.

"Kita akan persiapkan mereka agar selepas nya(tamat) dari sekolah ini, mereka memiliki keahlian yang bisa dipergunakan untuk bisa dijadikan suatu pekerjaan dan mejadikan suatu alat penghasilan"kata Nasir.

Salain itu juga, Nasir Hasibuan menegaskan, bahwa keikutsertaan tanggung jawab orang tua untuk memotifasi dan memberikan semangat kepada anak nya serta mendukung program dan kegiatan yang kita buat demi kemajuan serta menjadikan siswa kita yang berintegritas kedepan nya. Tegas Nasir.

Bukan hanya itu, Nasir juga mengatakan dan meminta kepada kepala cabang Dinas Pendidikan Palas-Paluta, agar tidak terlambat dalam pencairan dana BOS sebagai penunjang kegiatan Belajar mengajar di sekolah ini kata kepala sekolah SMA N 1 Sibuhuan. 

Isak tangis disa'at siswa-siswi yang didampingi orang tua masing-masing melakukan bersalam-salaman dengan para guru-guru pendidik dan kepala sekolah sebagai tanda penutupan acara perpisahan.

Dikesempatan yang sama, Hal senada juga disampaikan oleh salah satu orang tua siswa mengucapkan, terimakasih atas terselenggaranya acara pelepasan siswa Kelas XII SMA Negeri I Sibuhuan ini. Menurutnya, kegiatan pelepasan siswa tahun ini cukup Spektakuler dan luar biasa, hingga dirinya pun ikut hanyut dalam haru, melow dalam kebahagiaan.

"Jujur saya pribadi pun ikut hanyut dalam haru dan kebahagian, ketika melihat tampilan kreasi dari anak-anak tadi. Jadi saya berharap para orang tua wali murid lainnys, agar turut mendukung penuh anak-anak dalam menggapai cita-citanya. Suatu prestasi yang luar biasa, anak-anak bisa masuk perguruan tinggi negeri baik melalui jalur undangan atau Tes SNMPTN itu. Dan itu suatu tampilan kreasi yang sangat luar biasa juga telah digelar oleh para siswa-siswi tadi, hingga saya pun meneteskan air mata bahagia,“ akunya.

“Saya harapkan,  para wali siswa lainnya mendukung kegiatan seperti ini, karena hal ini bisa mengasah dan menggali Potensi siswa, dan begitu berarti bagi anak-anak nantinya, selepas mereka sudah menjadi Alumni nanti, Mereka (red-siswa) akan terus mengingat dan menjadi kenangan terindah buat mereka nantinya," harapnya.

Bahkan setelah mereka sudah dewasa atau berkeluarga nanti tetap membekas kenangannya. Karena masa-masa putih abu-abu atau SMA ini adalah masa terindah pada setiap anak-anak, Saya pun sempat terharu melihat kreasi seni yang ditampilkan oleh para siswa tadi, serta tari kolaborasi guru bersama murid,“ pungkasnya. (Ah9)
Komentar Anda

Berita Terkini