LARISPA


PT Bank Mandiri Serahkan Bukti Lunas Kredit pada Anggota KUD PPS dan KSM Paluta

HARIAN9 author photo

PALUTA| H9
PT Bank Mandiri cabang Rantau Prapat, menyerahkan bukti lunas kredit kepada masyarakat petani yang tergabung dalam Koperasi Unit Desa (KUD) Perkumpulan Petani Sawit (PPS) dan Koperasi Konsumen Perkebunan Sawit Mandiri (KSM) desa Siancimun, kecamatan Halongonan Timur, kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) yang merupakan ex petani plasma dibawah naungan PT Sungai Pinang, Kamis (13/2).

Penyerahan bukti lunas kredit yang dipusatkan di kantor PT Sungai Pinang tepatnya di desa Siancimun, kecamatan Halongonan Timur (Haltim) turut dihadiri oleh Camat Haltim diwakili Sekretaris camat Heri Mangaraja Harahap SIP, perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Paluta, Muspika, Kapolsek Padang Bolak diwakili Wakapolsek Iptu Nanang, ketua KUD PPS Arsyad Rangkuti, Babinsa, pimpinan PT Bank Mandiri KCP Rantau Prapat yakni Joko Primono didampingi Namzid R Batubara yang merupakan Officer Collection and Recovery PT Mandiri Sumatera Utara, Hamonangan Siahaan, kepala desa Siancimun Parla Harahap dan kades Sigading Komar Harahap beserta puluhan anggota KUD PPS dan KSM yang berada dibawah naungan PT Sungai Pinang.

Pimpinan PT Bank Mandiri KCP Rantau Prapat Joko Primono menyampaikan bahwa penyerahan bukti lunas ini merupakan program pihak manajemen PT Bank Mandiri dalam membantu masyarakat petani kelapa sawit yang tergabung dalam KUD PPS dan KSM yang merupakan ex petani plasma PT Sungai Pinang.

“Hari ini kita menyerahkan bukti lunas untuk 59 anggota KUD PPS dari 200 orang anggota dan 34 anggota KSM dari 250 anggota,” terangnya.

Untuk itu, ia berharap agar seluruh petani yang tergabung dalam KUD PPS dan KSM agar segera melakukan pelunasan melalui pihak manajemen koperasi karena program ini bisa saja tidak berlangsung lama atau akan segera dihentikan.

Sebab katanya, melalui program kerjasama antara pihak PT Bank Mandiri dan KUD PPS serta KSM, pelunasan ini hanya untuk hutang pokok saja tanpa adanya beban bunga ataupun denda kepada masyarakat karena sudah dihapuskan.

“Kami harap segera dilunasi bagi anggota lainnya melalui manajemen KUD PPS maupun KSM, karena program ini merupakan bentuk upaya Bank Mandiri membantu masyarakat sesuai visi yakni Memakmurkan Negeri,” ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap agar petani yang sudah melakukan pelunasan kredit, pihaknya melegalkan untuk melakukan pengurusan surat ke pemerintah desa dan BPN.

Sementara, ketua KUD PPS Arsyad Rangkuti mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas kerjasama dan perhatian dari pihak PT Bank Mandiri dalam menjembatani penyelesaian permasalahan kredit ini yang sudah berlangsung cukup lama.

Ia juga menghimbau agar seluruh anggota KUD PPS dan KSM dapat segera melakukan pelunasan karena akan mempermudah pola hubungan kerjasama dan kepastian usaha kedepannya.

“Terima kasih kepada pihak PT Bank Mandiri dan juga manajemen PT Sungai Pinang. Saya harap seluruh anggota KUD PPS dan KSM dapat segera melakukan pelunasan untuk kebaikan usaha kedepannya,” harapnya.

Senada, Camat Haltim melalui Sekcam Heri M Harahap SIP menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada pihak PT Bank Mandiru, PT Sungai Pinang dan pengurus KUD PPS dan KSM atas selesainya permasalahan yang sudah berlangsung cukup lama ini.

Pada kesempatan ini, ia juga berharap agar pihak PT Sungai Pinang ataupun KUD PPS dan KSM agar melengkapi berbagai arsip asli yang diperlukan seperti peta maupun arsip lainnya.

“Saya harap pihak manajemen dapat melengkapi atau mengumpulkan arsip atau berkas-berkas perusahaan agar tidak ada permasalahan kedepannya,” harapnya.

Ia juga berharap agar kedepannya sehala bentuk permasalahan yang terjadi terkait areal PT Sungai Pinang dapat diselesaikan dengan baik dan secara persuasif serta kebersamaan.

Pantauan, kegiatan penyerahan bukti lunas ini diisi dengan sesi tanya jawab serta dilanjutkan dengan Rapat Anggota Tahunan oleh pengurus KUD PPS dan KSM.(akhir9)
Komentar Anda

Berita Terkini