-->

Tekan Inflasi di Sumut, Beberapa Program Strategis Dilakukan TPID

HARIAN9 author photo

MEDAN| H9
Dalam rangka mengevaluasi harga bahan pokok, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Sumatera Utara terus melakukan koordinasi dan pelaksanaan program strategis melalui kerangka 4K (Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, Keterjangkauan Harga dan Komunikasi Yang Efektif). Hal ini dikatakan Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat dalam acara bincang bincang media, Senin (10/2/2020) sore.

Dalam Ketersediaan Pasokan, pada tanggal 15 Januari 2020, TPID Prov. Sumatera Utara menyelenggarakan HLM dengan kesepakatan agar Kab./Kota menghimbau seluruh petani untuk mulai menanam komoditas pangan strategis penyumbang inflasi, diantaranya beras dan cabai merah. Diharapkan periode HBKN Idul Fitri pasokan komoditas strategis tercukupi.

"Kemudian kelancaran distribusi, dengan pembentukan BUMD Pangan tetap diupayakan, sesuai dengan roadmap pengendalian inflasi 2019 – 2021, untuk memudahkan kerjasama perdagangan antar daerah," katanya.

Dikatakannya, bahwa keterjangkauan harga juga dibahas mengenai komitmen
Kabupaten/Kota penghasil komoditas cabai merah untuk dapat melaksanakan pasar lelang, sebagai upaya menghindari lonjakan harga di tingkat konsumen namun
tetap menjaga harga di tingkat petani/produsen.

"Kemudian komunikasi yang efektif, yaitu masing-masing TPID Kab/Kota sepakat untuk segera berkoordinasi untuk merencanakan fokus kegiatan pengendalian inflasi di wilayah masing-masing, dan terus menjaga koordinasi yang baik dengan satgas pangan," pungkasnya. (Jae9)
Komentar Anda

Berita Terkini