Tim Huraba Anti Bandit Polres Tapsel Obrak-Abrik Sarang Narkoba di Padangsidimpuan

HARIAN9 author photo

PADANGSIDIMPUAN|H9
12 tersangka diamankan, saat personil Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) yang tergabung dalam Tim Huraba Anti Bandit Polres Tapsel mengobrak-abrik sarang narkoba saat memburu tersangka kasus pencurian sepeda motor di Jalan Alboin Hutabarat Gang. Dame V Kelurahan Wek. VI Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan Kamis (27/2/2020), sekira pukul 13.30 Wib.

Para tersangka ditangkap di 3 pondok dalam satu lokasi di belakang salah satu rumah warga saat sedang menggunakan dan transaksi narkoba. Dari para tersangka, petugas menyita barang bukti puluhan gram narkotika jenis shabu dan ribuan amp ganja kering siap edar.

Adapun para tersangka yang di tangkap tersebut masing-masing, 5 orang ditangkap dari pondok 1 yakni, AES (27) dan  RZ (42), keduanya  warga Jalan Alboin Hutabarat Gang. Dame V Kelurahan Wek. VI Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan, RE (27), warga Jalan Mustafa Harahap Gang. Masjid Kelurahan Aek Tampang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan, AK (21) warga Desa Sialagundi Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapsel dan ZAG (26), warga Jalan Imam Bonjol Gang. Masjid Lingungan III Kelurahan Aek Tampang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan.

Barang bukti yang disita dari ke 5 tersangka masing-masing, satu buah tas sandang warna hitam yang didalamnya terdapat satu bungkus plastik klip ukuran besar berisi 7 bungkus plastik klip sedang berisi shabu seberat 31,90 gram, satu unit timbangan elektrik warna Silver dan satu buah dompet warna hitam yang didalamnya terdapat satu buah dompet warna kuning berisi plastik klip kosong dan shabu yang terbuat dari pipet 

Empat orang ditangkap di pondok 2 yakni, DYH (23), warga Jalan Alboin Hutabarat Gang. Aek Korsik Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan, HMS (30), warga Jalan Alboin Hutabarat Kelurahan Wek. VI Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan, LP (19), warga Desa Joring Lombang Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu Kota Padangsidimpuan dan PD (35), warga Jalan A. Hutabarat Gang. Dame Lingkungan I Keluarahan Wek. VI Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan.

Dariu ke empat tersangka, disita barang bukti satu bungkus daun ganja kering yang dibungkus dengan kertas nasi warna coklat seberat 0,10 gram, satu unit timbangan elektrik warna hitam dan satu buah bong yang terbuat dari boto aqua.

Sedangkan 3 orang lagi ditangkap di pondok 3, masing-masing, AS (39), warga Jalan M. Yamin Gang. Muhajirin Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan, IH (34), warga Desa Pasar Matanggor Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dan PS (39) warga Jalan Dr. Payungan Kelurahan Tano Bato Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan.

Dari ke 3 tersangka, petugas menyita barang bukti, satu bungkus plastik assoy warna hitam yang berisi ganja kering sebanyak 501bungkus atau amp yang dibungkus dengan kertas nasi warna coklat, satu bungkus plastik warna putih yang berisi ganja kering sebanyak 335 ungkus atau amp yang dibungkus dengan kertas nasi warna coklat, satu bungkus plastik assoy warna biru yang berisi ganja kering sebanyak 185 bungkus atau amp yang dibungkus dengan kertas nasi warna coklat, satu buah karung plastik warna putuh yang berisi daun dan ranting ganja keriung, serta uang tunai sebesar Rp.900 ribu.

Informasi yang dihimpun di Mapolres Tapsel, Jum,at (28/2/2020) menyebutkan, tertangkapnya para tersangka penyalahguna narkotika tersebut berawal saat Tim Huraba Anti Bandit Polres Tapsel sedang memburu dua orang tersangka yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Tapsel dalam kasus penadahan sepeda motor hasil curanmor masing-masing B dan M yang sembunyi di salah satu rumah di Jalan Alboin Hutabarat Gang. Dame V Kelurahan Wek. VI Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan.

Pada saat dilakukan penggerebekan terhadap rumah yang diduga tempat persembunyian B dan M, ke dua tersangka melarikan diri, namun saat dilakukan pengejaran, petugas melihat kumpulan orang sedang pesta dan transaksi narkoba di salah satu lokasi.

Dikesempatan itu petugas langsung mengamankan 12 orang yang terlibat dalam penyalahguna narkotika dan mentita barang bukti narkoba beserta barang bukti lainnya, selanjutnya dibawa ke Sat Resnarkoba Polres Tapsel guna dilakukan pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut.

Kapolres Tapsel AKBP. Irwa Zaini Adib, SIK, MH melalui Kasubbag Humasy Iptu. Alpian Sitepu yang dikonfirmasi membenarkan tertangkapnya 12 orang tersangka dari sarang narkoba di Kota Padangsidimpuan saat petugas Tim Huraba Anti Bandit sedang melakukan penyelidikan terhadap tersangka penadah sepeda motor hasil curanmor yang terjadi di Kelurahan Batang Baruar Kecamatan padang Bolak Kabupaten Paluta, berdasarkan LP Nomor : 54/I/2020/SU-TS/TPS Padang Bolak tanggal 26 Januari 2020.

“ Ke 12 tersangka masih dalam menjalani pemeriksaan secara intensif dan setelah kita periksa, nantinya akan kita serahkan ke Polres Padangsidimpuan untuk proses lebih lanjut, mengingat lokasi penangkapan berada di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan, “ ujar Alpian. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini