LARISPA


Tingkatkan Ekspor, Wamendag Yakinkan Komisioner Uni Eropa Percepat Penyelesaian IUE-CEPA

harian9 author photo

BRUSSELS| H9
Uni Eropa menyambut baik proposal perundingan perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif anatar Indonesia dan Uni Eropa (IUE-CEPA) yang diajukan Indonesia. Hal tersebut memberikan sinyal positif bagi percepatan penyelesaian perundingan IEU CEPA.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI Jerry Sambuaga menyampaikan hal tersebut setelah bertemu dengan Komisioner Perdagangan Uni Eropa, Phil Hogan, di Brussels, Belgia, Selasa (18/2). Pada pertemuan itu, Wamendag Jerry didampingi Duta Besar RI untuk Belgia, Luxemburg, dan Uni Eropa, Yuri Thamrin serta Deputi Menko Perekonomian Bidang Pangan dan Pertanian, Musdhalifah Machmud.

“Disetujuinya proposal Indonesia oleh Komisi Perdagangan Uni Eropa mencerminkan pentingnya peran perdagangan Indonesia. Komisioner Hogan juga menunjukkan semangat dan komitmen Uni Eropa terhadap penyelesaian IEU CEPA. Kesepakatan ini akan menjadi jalan untuk mewujudkan kepentingan Indonesia di dunia perdagangan internasional, khususnya di Uni Eropa," kata Wamendag.

Wamendag melanjutkan, Indonesia mengajukan proposal agar perundingan dapat selesai tahun ini dan dapat membawa dampak positif bagi kalangan usaha maupun konsumen dari kedua belah pihak. Pada pertemuan itu, Komisioner Hogan menyatakan sangat senang berdialog dengan Indonesia dan menyakinkan harapan Wamendag Jerry terkait penyelesaian IUE-CEPA yang sangat mungkin dicapai sebelum akhir tahun.

Selain itu, Komisioner Hogan juga mendukung Wamendag Jerry agar penyelesaian IEU-CEPA tidak terhambat ketidakpastian iklim ekonomi dunia akibat politik populis dan pengaruh Brexit, serta isu-isu perdagangan dan sengketa di WTO. Pihak Uni Eropa berjanji akan menyelesaikan sebaik-baiknya keluhan Indonesia. Sebaliknya, Indonesia diharapkan dapat menangani keluhankeluhan Uni Eropa, terutama dalam soal produk alkohol dan produk susu.

Saat ini, perundingan IUE-CEPA masih terus menghadapi pembahasan yang dinamis dan intensif. Namun kedua pihak optimistis dinamika tersebut bisa diselesaikan dan dikelola dengan baik.

Dubes Yuri menambahkan, pertemuan kali ini benar-benar mencerminkan tekad kedua pihak untuk segera menyelesaikan hambatan perdagangan demi kebaikan bersama.

Sementara itu, Deputi Menko Musdhalifah berpendapat, komitmen Indonesia dan Uni Eropa dalam menyelesaikan perundingan CEPA membawa semangat selangkah lebih maju bagi kemajuan ekonomi kedua belah pihak.

“Wamendag Jerry Sambuaga berhasil mengajak Uni Eropa untuk menyelesaikan isu-isu krusial yang dihadapi kedua pihak dengan dialog konstruktif,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wamendag Jerry mengatakan, sinyal positif Uni Eropa ini harus ditindaklanjuti dengan baik agar dapat memberikan hasil yang optimal dan resiprokal untuk kedua pihak.

“Perundingan CEPA dengan Uni Eropa ini sekali lagi menandai geliat diplomasi perdagangan Indonesia. Sudah saatnya Indonesia memperkuat kehadirannya di panggung perdagangan dunia. Produk-produk barang maupun jasa harus didorong agar mendapatkan akses yang lebih besar di pasar internasional,” pungkas Wamendag Jerry. (rel/wp.03)

(Foto: kemendag)


Komentar Anda

Berita Terkini