LARISPA


MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# ANDA PUNYA BAKAT MENULIS PUISI, ARTIKEL, KARYA ILMIAH DAN TULISAN LAINNYA, SERTA INGIN DIMUAT DI KANTOR BERITA HARIAN9 INI, SILAHKAN KIRIM tulisan ANDA VIA EMAIL redaksiharian9@gmail.com

Walikota Berharap Padangsidimpuan Angkola Julu Akan Jadi Centra Produksi Bawang Merah Dan Cabai Merah

HARIAN9 author photo

PADANGSIDIMPUAN | H9
Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH mengunjungi Desa Joring Natobang Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu dalam rangka panen perdana tanaman bawang merah dan cabai merah, Rabu (12/2/2020).

Wako Irsan disambut antusias oleh masyarakat Angkola Julu, disambut dengan margondang oleh naposo naulibulung binaan desa Joring Natobang.

Walikota Irsan menyampaikan rasa berbahagia atas penyambutan masyarakat dengan suasana yang sejuk, terasa seperti pulang kampung, ucapnya.

Walikota Padangsidimpuan didampingi anggota DPRD Padangsidimpuan Feryansyah Hasibuan, Kadis Pertanian, Kadis Kominfo meninjau lahan budidaya bawang merah dan cabai merah dan turut melalukan panen.

Wako Irsan menyampaikan, melalui dinas pertanian sinergitas dengan pemangku kepentingan di Angkola Julu ini bisa memaksimalkan sumber daya alam yang kita miliki.

Beliau juga menyebut dengan luas lahan 2500m2 menghasilkan 1 ton bawang, bila harga bawang di pasaran 25rb/Kg.  Maka yang didapatkan petani sebesar 25jt Rupiah, dengan biaya produksi termasuk upah, sebesar 10Jt Rupiah. Maka yang dihasilkan petani 15jt bersih dalam waktu 2 bulan, katanya.

Padahal sebelumnya dengan lahan yang sama digunakan untuk bertani padi, hanya menghasilkan 90 Kaleng, dengan harga 50rb Rupiah per kaleng, maka yang didapat hanya 4,5Jt Rupiah dengan membutuh waktu 4 Bulan untuk panen.

Kita bersyukur Angkola Julu ini cocok untuk budidaya bawang merah, kita ingin angkola julu menjadi central dari produksi bawang untuk kebutuhan pasar di Padangsidimpuan dan serkitarnya. Dengan upaya dan ikhtiar kita dalam menjaga inflasi di Kota Padangsidimpuan, dimana  komoditas bawang merah yang cukup fluktuatif menjadi salah satu penyebab inflasi daerah, sebut Wako Irsan.

Kita berharap dengan panen perdana ini dapat memotivasi masyarakat petani untuk memulai mengalihkan lahannya untuk berfokus pada komoditas bawang merah dan tanaman cabai ini.

Turut hadir Walikota, Anggota DPRD, Kadis Pertanian, Kadis Kominfo, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Camat Psp Angkola Julu, TNI, Polri, Para Kepala Desa. (DEN9)
Komentar Anda

Berita Terkini