Pers Covid19


LARISPA


Bupati Soekirman Bersama Tim Revitalisasi Budaya Lokal Sergai Kunjungi Aceh Timur

HARIAN9 author photo

ACEH TIMUR | H9

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman bersama tim revitalisasi budaya lokal Sergai, senin (2/3/2020) melakukan kunjungan kerja ke Aceh Timur. 

Kedatangan rombongan tim revitalisasi budaya lokal Sergai ini disambut hangat oleh Bupati Aceh Timur H Hasballah Bin HM Thaib beserta jajarannya bertempat di Pendopo Kabupaten Aceh Timur. 

Turut ikut mendampingi Bupati, Kadis Poraparbud Sudarno, S.Sos, Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik MM, Dosen UNJ Dr. Purwadi, Kabid Budaya Dinas Pora Parbud Searca Agung Nugroho serta Penggiat dan Pelaku kesenian Sergai.

Disela sela kunjungannya,Bupati Sergai Ir H Soekirman mengatakan, bahwa kunjungan tim revitalisasi budaya lokal Sergai ke Aceh Timur ini, selain untuk menjalin persaudaraan, juga untuk mengenal lebih jauh tentang perkembangan budaya lokal yang ada di Aceh Timur. 

Dikatakan Bupati, Aceh Timur ini adalah mutiara yang terpendam dalam hal budaya. Sehingga nantinya bisa menjadi contoh bagi Kabupaten Sergai, untuk mengembangkan potensi budaya lokal menjadi salah satu wisata menarik yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. 

"Tujuan kita ke Aceh Timur ini, untuk melakukan pendekatan budaya, apalagi Aceh Timur ini adalah mutiara yang terpendam dalam hal budaya. Di Aceh Timur ini juga dahulu terdapat kerajaan Peureulak, sehingga banyak budaya yang bisa kita pelajari disini"ungkap Bupati Soekirman. 

Bupati berharap, setelah kembalinya dari Aceh Timur ini, tim revitalisasi budaya lokal Sergai ini bisa mencontoh bagaimana cara Kabupaten Aceh Timur ini dalam mengembangkan budaya lokalnya menjadi destinasi wisata yang maju dan berkembang, sehingga nantinya bisa dikembangkan di Kabupaten Sergai. 

"Kami melihat banyak potensi wisata dan budaya di daerah ini yang maju dan berkembang. Mudah mudahan, ini juga bisa dikembangkan di Sergai,"ujar Soekirman. 

Sementara itu, Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M. Thaib, SH mengaku bangga bisa dikunjungan oleh Bupati Soekirman beserta tim revitalisasi budaya lokal Sergai. Bupati Aceh Timur ini berharap, kunjungan ini bisa menjadi pertemuan bermanfaat bagi kedua daerah. 

"Hari ini dengan kehadiran Bupati Sergai kami semangat dan kami termotivasi untuk bangkit, baik dalam hal seni budaya, pariwisata dan lainnya. Kami juga berharap kerjasama yang baik ini tidak boleh putus dan harus terus terjalin,"ujarnya.

Dalam Pertemuan itu, kedua daerah ini juga menampilkan berbagai jenis tarian, seperti dari Aceh Timur menampilkan Tari Serunai Kalee khas Aceh Timur, tari Seudati Aceh, dan Tari Saman Gayo. Sedangkan dari Kabupaten Sergai menampilkan tari Serampang Dua Belas, Tari Tagale, serta kesenian Wayang Orang dan tari Multi Etnis.

Selanjutnya Bupati Sergai Ir H Soekirman juga mengunjungi situs-situs seni budaya yang ada di Kabupaten Aceh Timur dan mengharapkan upaya pelestarian cagar budaya yang dilakukan oleh Pemkab Aceh Timur ini dapat juga diterapkan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.(WD023) 

Komentar Anda

Berita Terkini