LARISPA


Cegah Covid-19, Camat - Kades Pancurbatu Lakukan Penyemprotan Disinfektan

HARIAN9 author photo

PANCURBATU| H9
Pandemi virus corona (Covid-19) menjadi momok memprihatinkan buat masyarakat, khususnya warga Kecamatan Pancurbatu-Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

Terkait masalah itu, seluruh unsur pemerintahan kecamatan, desa dan elemen masyarakat melaksanakan penyemprotan disinfektan terhadap sejumlah rumah ibadah, rumah penduduk dan fasilitas umum untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang saat ini sedang mewabah, Kamis (26/3).

Camat Pancurbatu, Sandra Dewi Situmorang mengatakan penyemprotan disinfektan yang dilakukan secara serempak dan massal ini didukung antusias warga.

Pantauan wartawan, warga spontan ikut membantu proses penyemprotan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Pancurbatu. Sembari melakukan penyemprotan, pihak desa mengimbau kepada masyarakat melalui toa agar masyarakat tetap menjaga kewaspadaan dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat.

Salah satunya dengan melakukan cuci tangan menggunakan sabun usai melakukan aktivitas. Selain itu hindari bersalaman, berpelukan, keramaian dan menerapkan jaga jarak (social distancing).

Apabila masyarakat yang terkena gejala serupa dengan infeksi Covid-19 antara lain batuk, demam dan flu, harus segera memeriksakan diri ke Puskesmas ataupun rumah sakit terdekat.

Sedangkan Camat Sibolangit Febri Gurusinga SSTP MSP mengatakan dari 30 desa yang sudah disemprot disinfektan yaitu Bandar Baru, Sukamakmur, Sembahe, Rambung Baru, Sayum Sabah, Durin Seugun dan Buah Nabar. "Sisa 23 desa lagi akan dilakukan penyemprotan secara bertahap dan bekerjasama dengan muspika, dua UPT Puskesmas dan pemerintah desa," ujarnya.

Ia mengaku surat mengeluarkan surat edaran nomor 141/160 untuk kepala desa se Sibolangit terkait pencegahan Covid-19. 

"Dan saat ini saya sudah minta Kasi PMD melakukan pergeseran APBDes untuk dibuat pos dana penanggulangan bencana non alam Covid19 di Sibolangit sesuai regulasi yang ada, karena memang itu yang menjadi dasar pergerakan desa menangani wabah ini," bebernya.(WM021)
Komentar Anda

Berita Terkini