Pers Covid19


LARISPA


Di Paluta, 1 Orang PDP, 5 ODP Dan 878 Orang Pelaku Perjalanan

HARIAN9 author photo

PALUTA| H9
Tim terpadu percepatan penanganan Covid-19 kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menetapkan 1 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 5 Orang Dalam Pantauan (ODP) serta 878 Orang Tanpa Gejala (OTG) yang merupakan pelaku perjalanan dari daerah yang diduga terjangkit masuk dalam pantauan.

Demikian disampaikan oleh juru bicara Tim terpadu percepatan penanganan Covid-19 kabupaten Paluta Lairar Rusdi Nasution SSTP kepada awak media, Selasa (31/3).

“Update data terbaru ada 1 orang PDP, 5 orang ODP dan 878 orang pelaku perjalanan yang dikategorikan orang tanpa gejala (OTG),” ujarnya, Selasa (31/3).

Ia menjelaskan, penetapan status PDP ini belum berarti positif. Namun karena melihat dari kondisi kesehatan dan keluhan yang bersangkutan seperti gejala Covid-19, maka dimasukkan dalam kategori PDP sebagai antisipasi.

Lanjutnya, dan untuk sementara waktu yang bersangkutan dilakukan pemantauan dan perawatan serta isolasi mandiri. Dan tim terpadu masih terus melakukan penelusuran riwayat perjalanan yang bersangkutan.

“Belum dikatakan positif, hanya saja ada keluhan kondisi kesehatan yang bersangkutan sehingga perlu perawatan. Yang bersangkutan juga akan kita lakukan tes dengan alat swab dan menunggu hasilnya,” katanya.

Pada kesempatan ini, Lairar juga menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik serta mengikuti anjuran dari pemerintah sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Ia juga mengajak masyarakat untuk lebih pro aktif dalam mengawasi warga yang keluar masuk dan melaporkannya kepada aparat desa atau kecamatan guna antisipasi pendatang yang kemungkinan besar menjadi perantara penyebaran Covid-19.

“Tetap tenang dan tidak panik, ikuti anjuran pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 khususnya di kabupaten Paluta,” pungkasnya.(WD-009)
Komentar Anda

Berita Terkini