Duka Cita


LARISPA


Distan Palas Dampingi Poktan Jaya Panen Raya di Lahan Seluas 45 Ha

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Kelompok Tani (Poktan) Jaya Desa Pasir Julu, sekarang sudah menjadi Kecamatan Sosa Julu, Kabupaten Padang Lawas, Hasil dari Pemekaran Kecamatan Sosa, pada musim tanam padi tahun ini, berhasil panen raya dilahan petsawahan  seluas 45 Ha, Jumat (20/3/2020).

Kadis Pertanian Kabupaten Padang Lawas, Yang diwakili oleh Kcd Sosa Solatiah Hasibuan, Ppl Juwita Harahap juga didampingi Danramil Sosa yang diwakili personil Babinsa Koramil 09/Sosa Andik Santoso, Serma Irpan Lubis,  penen padi tersebut Kemarin dimulai sekira pukul 09:30 Wib.

"Dari 45 ha yang siap panen baru sekitar 5 ha yang baru selesai di panen , varietas padi yang saat ini di panen adalah padivvarietas jenis mekongga, dan kami selalu mendapatkan bimbingan, arahan dan anjuran dari Dinas Pertanian Padang Lawas melalui PPL dalam pengelolanya," ujar Suhutan Pasaribu selaku Ketua Poktan Jaya Desa Pasir Julu kepada Harian9.com. Sabtu, (21/3/2020).

Dengan mengikuti aturan program dan anjuran dari Pemerintah terkait tentang tata cara menanam padi yang baik, dalam hal ini tentunya (Dinas Pertanian Padang lawas-Red), sehingga kami Poktan Tani Jaya Desa Pasir Julu mendapatkan hasil yang baik atau memuaskan.

Untuk diketahui Kami, Poktan Desa Pasir Julu Kecamtan Sosa Julu ini "diketuai Suhutan Pasaribu, Sekretaris Amri Tua Siregar dan Bendahara Sahdan Rambe, kami memiliki suatu komitmen untuk selalu berusaha bersama dengan petani untuk meningkatkan hasil pertanian terkhusus petani padi sawah ". Ujar Sahutan.

“Kami Poktan Jaya Desa Pasir Julu, sangat senang dengan terlaksananya panen raya di Desa kami ini, walau Saat ini masih musim atau cuaca tidak menentu sebentar hujan kadang panas tapi bisa panen raya,” imbuhnya.

Untuk itu, Ketua poktan suhutan Pasaribu, menambahkan semuanya tidak akan terlaksana dan tidak akan berhasil, jika kami sebagai petani tidak mendapatkan bimbingan dan dukungan penuh serta penyuluhan dari pakarnya (Dinas Pertanian/ppl), tambahnya.

Disamping itu, kami sangat mengharapan perhatian dan dukungan serta bimbingan dari pemerintah demi memajukan pertanian sawah serta tercapainya program ketahanan pangan yang dicanangkan Pemerintah" katanya.

Oleh karenanya, Dukungan Pemerintah sangat kami harapkan dalam kegiatan pertanian ini seperti bibit , pupuk serta peralatan pertanian lainya yang kami butuhkan " tutup Suhutan Pasaribu.(WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini