Duka Cita


LARISPA


IHSG Berhasil Rebound, Sayangnya Rupiah Melemah

HARIAN9 author photo

MEDAN| H9
IHSG pada perdagangan hari ini berbalik menguat setelah sempat tertekan dalam sepekan terakhir sebelumnya. Kenaikan kinerja IHSG pada hari ini tidak terlepas dari membaiknya kinerja indeks bursa global yang sempat terpukul sebelumnya. Banyak pelaku pasar yang menilai kinerja pasar keuangan khususnya IHSG yang sudah masuk dalam level jenuh jual.

"Penguatan saham pada hari ini memang bisa jadi merupakan technical rebound, ataupun kondisi psikologis pasar yang dinilai sudah mulai mereda setelah sempat panik akibat penyebaran virus corona. Meskipun membaiknya kondisi pasar keuangan saat ini masih menyisahkan kekuatiran bagi pelaku pasar pada umumnya," kata analist Sumut, Gunawan Benjamin, Selasa (3/3/2020).

Penyebaran virus corona memang bisa memunculkan rasa takut baru yang bisa saja menekan kinerja pasar keuangan. Disamping itu, sejauh ini berkembang masalah geopolitik global yang dinilai tidak bersahabat yang bisa saja menjadi pemicu memburuknya kondisi ekonomi dunia.

"Belum lagi tahun 2020 ini menjadi salah satu tahun dengan ketidakpastian tinggi seiring banyaknya perkembangan isu negatif yang santer di negara besar, salah satunya adalah isu perang dagang yang belum berkesudahan,"ujarnya.  

Pada hari ini, IHSG ditutup menguat 2.9% di level 5.518,62. Penguatan Indeks saham kita pada hari ini berbeda dengan kinerja beberapa indeks bursa di asia seperti Nikkei Jepang maupun Hangseng yang mengalami penurunan. Pada hari ini sejumlah indeks futures di AS juga mengalami penguatan, yang memberikan peluang bagi potensi penguatan indeks saham di AS saat dibuka nantinya.

"Seiring dengan penguatan IHSG tersebut, mata uang Rupiah pada perdagangan hari ini justru mengalami tekanan. Rupiah diperdagangkan melemah di kisaran level 14.282 per US Dolar. Secara keseluruhan sentimen pada pasar keuangan ini belum sepenuhnya didukung oleh membaiknya sejumlah indikator global," katanya. (PP04)

Komentar Anda

Berita Terkini