Pers Covid19


LARISPA


Jumlah pasien positif terinfeksi Covid-19 di RSUP H Adam Malik Kembali Bertambah

HARIAN9 author photo

MEDAN| H9
Jumlah pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik kembali bertambah, Sebelumnya terdapat 8 orang, hari ini kembali naik menjadi 9 orang.

Saat dikonfirmasi wartawan, Kassubag Humas RSUP Haji Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak menyampaikan, bahwasanya benar telah terjadi penambahan 1 orang lagi pasien positif Covid-19. Karenanya saat ini rumah sakit milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ini tengah merawat 8 orang positif corona, dimana seorang sebelumnya meninggal dunia. 

"Total pasien positif saat ini sudah menjadi 9 orang, 1 sudah meninggal,"  katanya, Rabu (25/3/20)

Lanjut Rosa, dengan penambahan pasien yang positif Covid-19 terjadi penurunan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sebelumnya 7 orang menjadi 6 orang. Sedangkan untuk PDP negatif atau telah diperbolehkan pulang masih tetap 8 orang.

"Artinya saat ini kita sedang merawat 14 pasien dimana, 6 diantaranya PDP yang belum tentu Covid-19 dan 8 lainnya positif Covid-19," jelasnya.

Terpisah, Koordinator Penanganan Covid-19 RSUP Haji Adam Malik dr Ade Rahmaini SpP mengatakan, dari salah satu pasien positif Covid-19 yang tengah mereka rawat adalah seorang dokter. 

Namun ia tidak menjelaskan detail siapa dokter tersebut dan apakah dokter tersebut tertular saat bertugas di RSUP Haji Adam Malik atau saat bertugas ke luar kota.

"Iya benar," ujarnya singkat saat dikonfirmasi wartawan. 

Sementara itu dari data yang disampaikan Ketua Pelaksana Gugus Tugas Covid-19 Sumut, Riadil Akhir Lubis, menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan Selasa (24/3) sore.

Yang positif covid-19 bertambah 1 orang sehingga total menjadi 9 orang. Kemudian Pasien dalam Pengawasan juga meningkat menjadi 55 orang dari sebelumnya 53 orang.

Begitu juga jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP), meningkat drastis 585 orang dari Selasa sore sebanyak 1.391 orang, yakni menjadi 1.976 orang per Rabu sore.

Riadil Akhir Lubis dalam konfrensi pers penanganan covid-19, Rabu (25/3) menyebutkan ODP itu hampir ada di seluruh kabupaten/kota di Sumut. Namun yang paling banyak seperti di Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Pematang Siantar dan lainnya.

Sementara itu yang pasien yang sembuh dari covid-19 di Sumut sejauh ini sebanyak 3 orang. Pasien yang negatif dan sedang dalam perawatan 6 orang.

Riadil menambahkan timnya melalui Dinas Kesehatan akan terus melakukan penelusuran lewat penyelidikan epidemologi para ODP. 

Ditekankannya juga agar ODP taat menjalankan isolasi mandiri.
Kemudian yang positif covid-19 dirawat di RSU Adam Malik Medan. Sementara yang PDP di rawat di 24 rumah sakit seperti di Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Pematang Siantar dan Langkat.

Adapun yang meninggal dunia karena positif covid-19 di Sumut berdasarkan hasil laboratorium sebanyak 1 orang da 2 orang lainnya meninggal merupakan PDP covid-19 dari non laboratorium.(WM021)
Komentar Anda

Berita Terkini