LARISPA


Komunitas Kaum Perempuan Tabagsel Bersama Pemkab Paluta Bagikan Masker

HARIAN9 author photo

PALUTA| H9
Sebagai bentuk kepedulian dan langkah untuk antisipasi dan pencegahan atas penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Komunitas Kaum Perempuan se-Tabagsel bagikan ribuan masker untuk pengendara yang melintas di jalan lintas Gunungtua-Padangsidimpuan, Pasar Gunungtua, kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Rabu (25/3).

Kegiatan pembagian masker yang dipimpin langsung oleh ketua Komunitas Kaum Perempuan se-Tabagsel Hj Taty Aryani Tambunan ini bekerjasama dengan pihak Pemkab Paluta yang dihadiri oleh Kasatpol PP Paluta Darman SSos, Kadis Pariwisata Eva Sartika Siregar, anggota DPRD Paluta dari PDIP Hj Nurbaiti Harahap beserta sejumlah personil kepolisian dari Polsek Padang Bolak.

Ketua Perempuan se-Tabagsel Hj Taty Aryani Tambunan SH menyampaikan pihaknya membagikan masker sebanyak seribu masker yang merupakan hasil karya sendiri kepada pengendara maupun masyarakat pejalan kaki yang melintas.

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk rasa kepedulian serta ajakan kepada masyarakat untuk memproteksi diri sebagai antisipasi terhadap penyebaran virus COVID-19 khususnya di wilayah Tabagsel.

“Minimnya masker yang di jual di apotek membuat kami berinisiatif untuk memproduksi sendiri dari kain, sebab kalau kita menunggu adanya masker di apotek kapan lagi kita bisa lakukan pencegahan ini,” ujarnya.

Tambahnya, pihaknya tidak hanya membagikan masker, namun ada juga minuman yang terbuat dari jahe original, untuk anti bodi para pengendara serta hand sanitizer dalam kemasan mini.

Masih menurut Taty Aryani Tambunan, bahwa pembagian masker ini tidak hanya di lakukan di Kabupaten Paluta, melainkan di kabupaten lainnya, yang ada di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

“Aksi ini kami harap bisa menjadi sarana edukasi untuk mengajak masyarakat bersama-sama mencegah dan memutus rantai penyebaran virus COVID-19 khususnya di Paluta dan wilayah Tabagsel,” ucapnya.

Senada, Kadis Pariwisata Paluta Eva Sartika Siregar yang juga merupakan anggota Komunitas Kaum Perempuan se-Tabagsel mengatakan bahwa aksi sosial ini merupakan bukti kepedulian perempuan Tabagsel dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.

“Selain bukti kehadiran kita ditengah masyarakat, kegiatan ini menjadi upaya dalam mengajak masyarakat untuk bersama memerangi wabah virus Corona atau COVID-19,” ujarnya.

Untuk itu, ia juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama melawan dan mencegah penyebaran COVID-19 dengan cara mengikuti anjuran pemerintah untuk menjauhi keramaian, sosial distancing, menjaga kesehatan dan tidak berkeluaran diluar rumah apabila tidak terlalu mendesak.

Pada kesempatan ini, mewakili Pemkab Paluta ia juga mengucapkan terima kasih kepada Komunitas Kaum Perempuan se-Tabagsel atas kegiatan sosial yang sangat membantu masyarakat.

“Mari kita bersama melawan COVID-19 dengan menjaga kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati,” ajaknya.

Pantauan, pembagian masker ini dilakukan di tiga titik yakni Jalinsum yang tepatnya di Simpang Portibi, Depan Mesjid Raya Paluta serta di simpang empat pusat Pasar Gunungtua. 

Dan tidak hanya ribuan masker yang di bagikan terhadap pengendara, ada juga minuman yang terbuat dari jahe, sarung tangan dan melakukan pembagian hand sanitizer kepada para pengemudi, baik tukang becak dan pengendara roda dua serta pengendara mobil.

Selain itu, terlihat anggota komunitas kaum perempuan se-Tabagsel bersama personil Satpol PP Paluta memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat sekitar tentang bahaya COVID-19 serta langkah-langkah antisipasinya.(WD-009)
Komentar Anda

Berita Terkini