LARISPA


Meski Ada Fatwa MUI, Mesjid Agung Sergai Tetap Laksanakan Sholat Jumat

HARIAN9 author photo


SERDANG BEDAGAI | H9
Meski Ada Himbauan (Fatwa) dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk meniadakan sementara sholat jumat terkait virus Corona atau Covid-19, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tetap melaksanakan sholat jumat seperti biasanya.

Seperti terlihat pada hari ini, jumat (20/3/2020), ratusan jemaah memadati Mesjid Agung Sergai yang terletak di Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah. Para jemaah yang sebahagian besar Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Sergai ini terlihat antusias mengikuti sholat jumat tersebut.

"Kita yakin dan percaya saja kepada Allah SWT, bahwa virus ini dapat dicegah dengan sholat,"ujar salah seorang ASN usai sholat jumat di Mesjid Agung Sergai.

Sementara itu, Bupati Sergai Ir H Soekirman didampingi Sekdakab HM Faisal Hasrimy yang juga melaksanakan sholat jumat di Mesjid Agung tersebut mengatakan, bahwa Pemkab Sergai belum ada mengeluarkan himbauan untuk menunda sementara sholat jumat, meski ada fatwa MUI tentang larangan ditengah ancaman wabah Corona.

"Belum ada kita mengeluarkan himbauan, dan kita juga masih tetap melaksanakan sholat jumat seperti biasa, karena di Kabupaten Sergai hingga saat ini masih aman dan belum ada yang terindikasi suspect virus Corona ini," ungkap Bupati Soekirman.

Soekirman berharap, masyarakat Sergai tetap tenang dan jangan panik terkait masalah virus Corona ini. Masyarakat harus bisa menjaga dan menerapkan pola hidup sehat serta membiasakan untuk selalu mencuci tangan.

"Mudah-mudahan kondisi ini semakin membaik,"ujarnya.

Sebelumnya, MUI telah mengeluarkan fatwa nomor 14 tahun 2020 untuk meniadakan sementara salat jumat di masjid pada tanggal 20 dan 27 Maret 2020. imbauan itu dikeluarkan MUI pada tanggal 16 Maret 2020. 

Dimana dalam fatwa itu, MUI mengajak masyarakat, khususnya umat muslim berikhtiar dan berkontribusi dalam pencegahan Covid-19. Fatwa ini sebagai panduan keagamaan bagi masyarakat muslim di Indonesia untuk tetap melakukan ibadah, namun dilakukan didalam rumah.(WPU06) 


Komentar Anda

Berita Terkini