LARISPA


Orang Dalam Pantauan Di Kecamatan Sibolangit Bertambah

HARIAN9 author photo

SIBOLANGIT| H9
Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus corona (Covid-19) di Kecamatan Sibolangit terus bertambah menjadi tujuh orang, Sebelumnya, ada dua warga Sibolangit dengan status ODP.

Saat dikonfirmasi Wartawan Camat Sibolangit Febri E Gurusinga SSTP MSP membenarkan jumlah ODP bertambah. "Ya pak, dan kemungkinan akan bertambah jumlahnya," kata Febri,Senin (23/3).

Orang Dalam Pantauan itu berasal dari lima desa. Saat ini tim medis dari Puskesmas sudah mengecek kondisi kesehatan ODP. "Kebanyakan ODP ini pulang dari Malaysia dan sebagaian bekerja sopir luar kota," bebernya.

Dikarenakan jumlah ODP terus bertambah, Febri Gurusinga dan Danramil 03 Sibolangit Iptu Arm Jusak Sembiring melakukan road show menggunakan mobil pik-up ke sejumlah desa mengimbau dan meminta masyarakat tetap menjaga kewaspadaan dengan menjalankan pola hidup persih dan sehat.

Salah satunya dengan melakukan cuci tangan menggunakan sabun setiap usai melakukan aktivitas. Selain itu, hindari bersalaman, berpelukan, keramaian dan menerapkan jaga jarak aman (social distancing).

Menurutnya, masyarakat yang terkena gejala serupa dengan infeksi Covid-19, yaitu batuk, demam, dan flu, harus segera memeriksakan diri ke puskesmas ataupun rumah sakit terdekat.

Hal senada dikatakan Kepala Puskesmas Sibolangit dr Tomo Tarigan. "Ia bang. Dalam pemantauan, barusan sudah ke rumah ODP untuk mengecek kesehatan mereka. Kondisi mereka bagus, belum ada tanda-tanda sakit seperti Covid-19," ungkapnya.

Terpisah, Camat Pancurbatu Sandra Dewi Situmorang juga mengatakan ada 10 ODP di wilayah Pancurbatu. Kondisi kesehatan mereka saat ini belum ada mengarah ke virus mematikan tersebut.

"Awalnya tau ada empat ODP pulang dari Malaysia. Kami langsung melakukan pencarian dengan siapa saja empat warga ini melakukan kontak. Dan ternyata jumlah yang masuk ke saya ada 10 ODP," ketusnya.

Saat ini ODP diisolasi di dalam rumah mereka masing-masing dan diimbau tidak keluar rumah hingga 14 hari ke depan. "Jenis kelamin ODP satu laki-laki dan tiga perempuan yang dari Malaysia. Mereka ini berasal dari dua desa yang berbeda," tuturnya.(WM021)
Komentar Anda

Berita Terkini