LARISPA


Rumah Sakit H Adam Malik Sudah Kirim Sampel Swab PDP

HARIAN9 author photo

MEDAN| H9
Sample swab dari 13 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang saat ini dirawat Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Sudah dikirim pihak Rumah Sakit ke laboratorium pusat di Jakarta. Namun, hasil tersebut hingga saat ini belum keluar dari Kemenkes RI.

Kasubag Humas RSUP H Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak MIKom menyampaikan saat ini pihaknya masih menunggu keluarnya hasil pemeriksaan laboratorium pusat di Jakarta terhadap swab ke-13 PDP tersebut. 

"Sample swab 13 PDP sudah kita kirimkan sejak mereka masuk ke RS Adam Malik. Saat ini kita masih menunggu hasil pemeriksaannya apakah positif atau negatif," kata Rosa kepada wartawan, Minggu (22/3).

Bila hasilnya sudah keluar dan ternyata dinyatakan negatif Covid-19, maka RS Adam Malik dapat mengeluarkan ke-13 PDP tersebut dari ruang isolasi.Selanjutnya, sesuai hasil diagnosanya, maka akan dirawat pada ruang inap yang biasa.

"Selain itu, bila ada PDP lain yang masuk, maka juga bisa kita terima dan langsung dirawat di ruang isolasi," jelas Rosa

Lanjutnya, kendati begitu, pihak RS Adam Malik memahami kesibukan petugas tim laboratorium di Jakarta. Mengingat jumlah kasus Covid-19 di Indonesia yang semakin bertambah banyak.

"Jadi masih kita tunggu dulu hasilnya kapan keluar. Karena kami juga memahami kesibukan di laboratorium pusat Jakarta," pungkasnya.

Sementara itu, berdasarkan data update PDP di RSUP H Adam Malik hingga sore ini, jumlah PDP masih tetap 13 orang, dua orang positif Covid-19, dimana satu diantaranya meninggal dan satu masih dirawat, serta tiga orang sudah dipulangkan karena negatif Covid-19.(WM021)
Komentar Anda

Berita Terkini